Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Wuling Almaz RS Hybrid

Kompas.com - 05/10/2023, 16:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Wuling New Almaz RS mengusung beragam inovasi baru di antaranya teknologi Hybrid, Wuling Indonesian Command (WIND), Advanced Driver Assistance System (ADAS), sampai dengan Wuling Remote Control App.

“Penyematan ragam inovasi mulai dari WIND, ADAS, hingga Wuling Remote Control App menjadi keunggulan yang akan tetap terus kami hadirkan di New Almaz RS sehingga para konsumen bisa merasakan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman,” ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors di Jakarta (5/10/2023).

“Kami harap melalui produk ini, seluruh konsumen untuk dapat merasakan berkendara tanpa batas yang sejalan dengan semangat ‘Drive Unlimited Way’,” kata dia.

Baca juga: Hapus Pajak Progresif, Ini Cara Blokir STNK Motor

Mesin Wuling Almaz RS terbaruKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin Wuling Almaz RS terbaru

Di atas kertas, Almaz RS hybrid mengusung mesin mesin bensin 4-silinder berkapasitas 2.000 cc yang dikombinasikan dengan motor listrik serta baterai berkapasitas 1,8 kWh.

Kombinasi mesin bensin dan motor listrik ini menghasilkan tenaga sekitar 174 Tk dan torsi maksimal 320 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui sistem Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang menggabungkan kedua sumber daya tersebut.

Kemudian, sistem penggerak pada New Almaz RS Pro Hybrid termasuk dalam kategori series-parallel hybrid yang mendukung 3 mode penyaluran daya, yaitu EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid.

Baca juga: Marc Marquez Resmi Cerai dengan Repsol Honda

Pada EV Mode, roda digerakkan secara penuh oleh motor listrik yang mengambil energi dari baterai. Sementara itu pada mode Series Hybrid, roda tetap digerakan oleh motor listrik, namun mesin bensin menyala untuk mengisi data listrik baterai via motor generator.

Pada mode Parallel Hybrid, mesin bensin dan motor listrik beroperasi secara bersamaan untuk menghasilkan performa yang maksimal.

Sistem ini mampu menentukan mode berkendara secara otomatis yang disesuaikan dengan kondisi baterai, kecepatan kendaraan, serta gaya berkendara penggunanya.

Baca juga: PO Arimbi Rilis 5 Unit Bus Baru, Pakai Gambar Wayang

Wuling New Almaz RSDok. Wuling Motors Wuling New Almaz RS

Demi menjamin kenyamanan dan keamanan berkendara, inovasi Advanced Driver Assistance System (ADAS) turut dihadirkan pada lini New Almaz RS.

Fungsi ADAS memanfaatkan sensor kamera canggih yang terbagi menjadi empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, dan Automatic light.

Tak ketingalan terdapat Adaptive Cruise meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA) with lane-keeping function, dan Intelligent Cruise Assistance (ICA) with lane-keeping function.

Baca juga: Update Harga Motor Bebek per Oktober 2023

Wuling Almaz RS terbaru resmi meluncurKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Wuling Almaz RS terbaru resmi meluncur

Kemudian, ada juga Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation System (CMS), Automatic Emergency Braking (AEB), dan Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) yang terdapat dalam kategori Safe Distance & Braking Assistance.

Fitur Lane Departure Warning di kategori Lane Recognition pun siap membantu pengguna untuk berkendara aman dalam lajurnya.

Kemudian, kategori Automatic light ini mampu menyesuaikan secara otomatis ketinggian pancaran cahaya lampu utama.

Baca juga: Yadea G6 Masuk Daftar Motor Listrik Subsidi, Dijual Rp 20,5 Juta

Pengunjung juga bisa melihat langsung New Almaz RS yang eksterior dan interiornya ditampilkan pertama kali di GIIAS 2023. DOK. Humas Wuling Pengunjung juga bisa melihat langsung New Almaz RS yang eksterior dan interiornya ditampilkan pertama kali di GIIAS 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com