Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yadea G6 Masuk Daftar Motor Listrik Subsidi, Dijual Rp 20,5 Juta

Kompas.com - 05/10/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Daftar motor listrik subsidi terus bertambah menjelang akhir tahun. Paling baru, ada motor listrik Yadea G6 yang menambah daftar penerima bantuan pemerintah.

Dilansir dari informasi dari situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira.id) (5/10/2023), Yadea G6 dijual Rp 20,5 juta.

Padahal ketika meluncur pada IIMS 2023, Yadea G6 dibanderol Rp 29,35 juta OTR Jakarta. Artinya setelah dirakit lokal, harga motor listrik ini terkoreksi cukup signifikan.

Baca juga: Mobil Listrik Wuling Cloud EV Sudah Terdaftar di Indonesia

Daftar motor listrik penerima subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta bertambah satu model. Artinya per 19 September 2023, total ada 33 motor listrik bersubsidi yang bisa dipilih konsumen. Screenshot Sisapira.id Daftar motor listrik penerima subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta bertambah satu model. Artinya per 19 September 2023, total ada 33 motor listrik bersubsidi yang bisa dipilih konsumen.

Berdasarkan informasi dari laman P3DN Kemenperin, Yadea G6 dipastikan telah diproduksi di dalam negeri.

Produksi dilakukan oleh PT National Assemblers yang beralamat di Jl. Raya Bekasi KM.18, Kawasan Industri Pulogadung, Desa/Kelurahan Rawa Terate, Kec. Cakung, Kota Adm. Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta.

Hasilnya, Yadea G6 telah memperoleh sertifikat TKDN dengan nilai 40 persen. Selain itu, PT National Assemblers juga sudah memproduksi Yadea T9 dan E8S Pro dengan angka TKDN serupa.

Baca juga: Mau Beli Toyota Rush Bekas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Sebelumnya, Marketing Manager Indomobil E-Motor Internasional (Yadea) Benny Lee, mengatakan, pihaknya sedang mendorong TKDN Yadea G6 agar bisa memenuhi persyaratan penerima subsidi Rp 7 juta.

“Untuk Yadea G6 masih dalam proses. Kalau prosesnya sudah selesai bisa masuk,” ujar Benny, kepada Kompas.com, September lalu.

Sebagai informasi, G6 merupakan model flagship Yadea yang diperkenalkan pada IIMS 2023. Motor listrik Yadea G6 bisa dibilang punya tampilan menarik, dengan tarikan garis halus dan dinamis, seperti desain skutik Eropa.

Baca juga: Hindari Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

Booth motor listrik Yadea di IIMS 2023KOMPAS.com/DAAFA ALHAQY MUHAMMAD Booth motor listrik Yadea di IIMS 2023

Namun, yang jadi poin unik adalah lampu depan dan belakangnya yang berbentuk diamond atau segitiga.

Soal spesifikasi, Yadea G6 dilengkapi dengan baterai graphene 72V 38 Ah atau sekitar 2,7 kWh. Energi listrik yang dihasilkan dialiri ke dinamo 2 kW yang ada di roda belakang, dan top speed diklaim mencapai 70 Kpj.

Dalam keadaan baterai penuh, Yadea G6 bisa melaju sejauh 100 Km. Namun untuk pengecasan baterai kabarnya bisa mencapai enam jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com