Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Fokus ke Pemulihan, Berharap Tampil di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 27/09/2023, 11:30 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez mengalami kecelakaan fatal pada MotoGP India 2023 di Sirkuit Buddh. Dia terpaksa absen balapan dan fokus ke pemulihan agar bisa tampil pada MotoGP Mandalika 2023.

Pada sesi kualifikasi Q1, Alex mengalami highside hingga membuat dirinya terpental ke udara. Saat terbanting ke aspal, tiga tulang rusuknya mengalami retak.

Baca juga: Alex Marquez Cedera di MotoGP India 2023, Tulang Rusuk Retak

Alex pun terpaksa absen pada sprint race dan balapan utama MotoGP India 2023. Pebalap Gresini Racing ini juga akan absen pada MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi. Alex memilih untuk fokus pada pemulihannya dan berharap bisa tampil pada MotoGP Mandalika 2023 dengan kondisi fisik yang lebih baik.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023

Dengan absennya Alex pada MotoGP India 2023, Fabio Di Giannantonio terpaksa berjuang sendirian. Namun, pebalap yang akrab disapa Diggia ini kembali diserang nyeri di bagian bahu kiri di sisa 2 lap jelang finis. Kondisi tersebut membuat dirinya tak bisa melanjutkan hingga finis.

“Saya menjalani balapan yang luar biasa, laju motor bagus dan kecepatannya lebih baik dibandingkan kemarin. Saya memulai balapan cukup agresif karena bisa melakukan itu dan motornya sangat nyaman untuk dikendarai," ujar Diggia, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Gresini Racing Kasih Petunjuk Soal Kabar Merekrut Marc Marquez

"Padahal kami bisa kompetitif sepanjang akhir pekan tetapi sayangnya pada momen tertentu bahu saya membatasi saya untuk balapan. Saya mulai kehilangan kemampuan mengendalikan motor dan terpaksa mengakhiri," kata Diggia.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Inggris 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Inggris 2023

Diggia mengatakan, dirinya benar-benar meminta maaf kepada tim. Sayangnya, ini adalah cedera yang dia alami sejak Misano dan kondisi ini membuat segalanya menjadi lebih rumit.

Pasca insiden, Alex langsung kembali ke Spanyol di mana dirinya membutuhkan sekitar sepuluh hari istirahat penuh, sebelum menuju ke Indonesia untuk menjalani MotoGP Mandalika 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com