Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Dikabarkan Siap Tinggalkan Honda demi Gresini Ducati

Kompas.com - 23/09/2023, 18:33 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Marc Marquez semakin santer dikabarkan akan meninggalkan Honda demi Gresini Ducati. Namun, sebelumnya ada satu hal yang harus dia selesaikan.

Dikutip dari Crash.net, Sabtu (23/9/2023), Sky Italia mengabarkan, Marquez sudah mengambil keputusan untuk bergabung dengan tim satelit Ducati, yakni Gresini Racing. Tapi, dia harus berdiskusi dulu dengan Honda.

Baca juga: Nonton MotoGP Mandalika di Tribun Marc Marquez, Ada Banyak Hadiah

Pasalnya, kontrak Marquez dengan Honda baru selesai akhir 2024. Sehingga, jika dia keluar lebih awal tentu ada beberapa hal yang perlu dibicarakan.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

"Marc Marquez sudah membuat keputusan: pebalap Spanyol itu sudah memutuskan untuk balapan dengan tim Gresini Ducati di 2024, di tim yang sama dengan adiknya Alex (Marquez)," tulis kabar yang beredar.

"Sebelum melanjutkan dengan penutupan formal perjanjian, pebalap harus menyetujui jalan keluar dengan Honda. Sekarang hanya satu langkah formal yang kurang, tapi sebenarnya juga penting: Marc harus menemukan jalan keluar dengan Honda. Satu-satunya penghalang yang bisa menghalangi Marquez dan tim Gresini saat ini adalah perusahaan Jepang itu sendiri," tulis kabar tersebut.

Baca juga: Marc Marquez: Sampai Jumpa di Sirkuit Mandalika

Meski demikian, dari pihak Marquez sebelumnya sudah menyangkal bahwa tidak ada berita terkait keputusan soal masa depannya.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.

Direktur Olahraga Ducati Corse Paolo Ciabatti mengatakan, Gresini Racing memiliki peluang untuk mendapatkan Marquez. Namun, masih menunggu keputusannya.

"Dia akan bicara dengan manajemen Honda di Jepang dan membuat keputusan, tapi itu sesuatu yang sepenuhnya ada di tangan Marquez dan tim," ujar Ciabatti, dikutip dari Motogp.com, Sabtu (23/9/2023).

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Ciabatti menambahkan, Ducati sudah memiliki kontrak dengan empat pebalap. Dua pebalap di tim pabrikan dan dua lainnya di tim satelit Pramac Racing.

Menurut Ciabatti, Ducati tidak bernegosiasi apa pun dengan Marquez. Artinya, itu menjadi urusan Marquez dengan Gresini.

Namun, jika ternyata musim depan Marquez masih bersama Honda, kemungkinan besar karena memang tidak ada jalan lain untuk membatalkan kontraknya lebih awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com