Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Perlukah Mobil Modern Melakukan Setel Klep Berkala?

Kompas.com - 26/09/2023, 08:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Stel klep atau katup pada mesin merupakan salah satu perawatan mobil agar mobil tetap prima. Khususnya tidak menimbulkan suara kasar di mesin.

Seiring pemakaian, celah klep dengan pendorongnya bisa merenggang sehingga wajib disetel secara berkala.

Kendati demikian, tidak semua mobil membutuhkan penyetelan klep secara rutin karena beberapa mobil modern dibekali dengan mekanisme penggerak katup yang beragam.

Ada beberapa model mobil yang masih harus melakukan stel klep seperti Honda. Simak penjelasan ahli berikut ini.

Baca juga: Pahami Alasan Mesin Sepeda Motor Harus Rutin Setel Klep

servis mobil EropaEurostars x Ping Garage servis mobil Eropa

Iwan Pratikno, Pemilik Bengkel Pradana Yogyakarta mengatakan semua mobil Honda masih membutuhkan stel klep.

“Penyetelan klep tidak diperlukan bila sudah menggunakan hydraulic lash adjuster (HLA) sedangkan pada mobil Honda semuanya masih harus setel manual,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Pria yang pernah menjadi mekanik Honda resmi ini mengatakan penyetelan katup hampir dilupakan oleh bengkel dewasa ini, karena memang montir-montir sekarang kurang memperhatikan itu.

Padahal, mobil modern sekalipun masih membutuhkan penyetelan klep secara berkala meski tidak setiap kali melakukan servis.

Baca juga: Banyak yang Belum Pahami, Perbedaan Gurah Mesin dan Tune Up

Diler Mobil Bekas Honda di CimoneHPM Diler Mobil Bekas Honda di Cimone

“Saya menganjurkan setel klep setiap mobil menempuh jarak 25.000 Km, agar performa mesin tetap terjaga dengan baik, minimal tidak menimbulkan bunyi kasar di area mesin,” ucap Iwan.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service bahwa penyetelan klep diperlukan tapi ketika melakukan pembongkaran kepala silinder saja.

“Setiap membongkar kepala silinder maka celah katup tetap harus diukur dan disesuaikan, tapi tidak diperlukan saat servis rutin atau tune up,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Baca juga: Ganti Busi Biasa ke Iridium, Apakah Mobil Wajib Tune Up?

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan beberapa mobil Toyota modern tidak lagi membutuhkan penyetelan katup secara berkala karena memiliki komponen khusus.

Pada mobil-mobil modern umumnya sudah menggunakan mekanisme katup langsung bersinggungan antara knock poros cam dengan bantalan penggerak katup.

“Seperti generasinya Toyota Avanza ke sini, itu sudah tidak bisa disetel manual, bila mau menyetel katup harus lepas poros cam, dan itu tidak diperlukan untuk perawatan rutin,” ucap Muchlis.

Namun beberapa tipe mobil Toyota lama seperti Yaris Bakpao, dan Kijang masih memerlukan penyetelan klep secara berkala, begitu juga Mitsubishi Pajero.

Jadi, penyetelan klep secara berkala hanya diperlukan pada beberapa model mobil saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com