Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah Tune Up Mobil

Kompas.com - 14/02/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Istilah tune up sering terdengar di kalangan pencinta otomotif. Bila mobil mengalami penurunan performa maka salah satu saran yang kerap muncul, yaitu melakukan tune up.

Ternyata makna tune up ini telah mengalami berbagai pergeseran makna. Dari awalnya berarti menyetel ulang mobil agar mendapatkan performa seperti baru, hingga kini diartikan sebagai salah satu wujud perawatan mesin saja.

Lantas, apa yang dimaksud tune up mobil ini?

Baca juga: Cara Usir Kerak Karbon dengan Teknik Italian Tune Up

Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang Astra Daihatsu Majapahit Semarang Servis Daihatsu Ayla di bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan tune up awalnya merupakan perawatan mobil yang meliputi banyak aspek, yakni dari mesin, transmisi, kaki-kaki dan lainnya dengan tujuan mengembalikan performa mobil seperti baru.

“Kalau sekarang ini, tune up lebih sering diartikan sebagai perawatan mesin saja, padalah untuk bisa mencapai performa mobil yang optimal mesin saja tidak cukup,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (14/2/2023).

Bahkan menurut Ibrohim tidak sedikit bengkel yang memaknai tune up sebagai perawatan ringan di sela-sela melakukan penggantian oli mesin.

Baca juga: Jurus Bersihkan Kerak Karbon Mesin Mobil ala Italian Tune Up

Bengkel mobil profesionalKompas.com/Erwin Setiawan Bengkel mobil profesional

“Tune up bisa saja diartikan hanya melakukan pembersihan filter udara, throttle body, dan melakukan scanning menggunakan alat khusus, hal itu tentu sudah melenceng dari tujuan awalnya,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan fenomena pergeseran makna tune up tersebut memang menjadi kebutuhan masyarakat karena bila tune up secara keseluruhan dilakukan rata kepada setiap mobil, maka mobil-mobil yang tidak memerlukan akan terbebani biaya yang besar.

“Padahal dengan menyederhanakan proses tune up, maka pemilik mobil akan mendapatkan keuntungan berupa biaya servis yang ringan,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Jaga Performa Mobil dengan Lakukan Tune Up

Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang Honda Gajah Mada Semarang Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang

Oleh karena itu, Ibrohim mengatakan dalam proses tune up mobil bisa saja biayanya bervariasi, tergantung kebutuhan setiap mobil.

“Ada yang mobil masuk bengkel kondisinya sehat, jadi tidak perlu melakukan pembersihan ruang bakar, ada juga yang kondisinya parah sehingga pembersihan ruang bakar juga diperlukan, itu akan menentukan biaya perawatan,” ucap Ibrohim.

Jadi, maksud dari tune yang sebenarnya adalah mengembalikan performa mobil seperti kondisi barunya. Pekerjaan yang dilakukan bisa berbagai aspek mulai dari mesin, transmisi, hingga kaki-kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com