Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Smart Key Honda Bisa untuk Dua Motor, Ini Penjelasan AHM

Kompas.com - 11/09/2023, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor Honda sudah banyak yang menggunakan sistem smart key. Teknologi tersebut menggantikan anak kunci dengan remot, jadi tidak perlu colok saat mau menyalakan motor.

Cuma, pada video yang diunggah akun _aksal_ di TikTok terlihat kalau smart key miliknya bisa buat motor yang lain. Pertama dia coba ke motornya dan tentu saja menyala.

Geser sedikit, ke motor lain yang juga pakai teknologi smart key, uniknya saat kenop diputar, ikutan aktif. Lalu apa artinya satu kunci bisa buat dua motor?

Baca juga: Kenali Ciri Baterai Smart Key Honda Lemah, Cek Speedometer

@_aksal_ Apakah teknologi keyless ini beneran aman yaa?? Kok jadi ngeri yaaa #honda #esaf #otomotif #motovlog #hondaadv #rangkaesaf ? Original Sound - Unknown

 

Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, video tersebut perlu dicek kebenarannya. Mengingat, satu remot cuma bisa untuk satu motor.

"Secara aturan, tidak mungkin satu remot bisa digunakan untuk dua motor. Remot hanya bisa menyimpan 1 ID motor dan enggak bisa dihapus. Jadi video tersebut perlu dibuktikan kebenarannya," kata Muhib kepada Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Selain itu, kalau misal motor yang lain tadi menyala, ada kemungkinan kalau kunci motor tersebut memang ada di dekatnya. Jadi antara disimpan di laci atau bagaimana, makanya bisa menyala.

Baca juga: Hasil MotoGP San Marino 2023: Ducati Kuasai Podium, Kejutan dari Pedrosa


"Bisa saja kunci ADV satunya sudah ada di situ. Jadi pas ditekan tombolnya bisa nyala," kata Muhib.

Memang saat ini kunci yang diganti dengan remot membuat semakin praktis. Cuma, ada saja pengendara yang lupa dan asal taruh saja kuncinya di dekat motor, makanya bisa kejadian seperti di video.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com