Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Keyless untuk Yamaha Aerox dan NMax, Harga mulai Rp 2,5 Juta

Kompas.com - 23/08/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Modifikasi motor pada anak kunci jadi keyless memang membuat praktis untuk pemiliknya. Jadi saat mau naik motor, cukup mengantungi remot dan motor bisa dinyalakan, tidak perlu colok kunci.

Selain itu, kalau motor sudah pakai keyless, biasanya maling malas untuk mencoba membobolnya. Berbeda dengan model anak kunci dan pengaman magnetis yang lebih sering jadi incaran.

Bagi pemilik Yamaha Aerox dan NMax yang belum pakai keyless, bisa memasangnya dengan cara modifikasi. Salah satu bengkel yang menyediakan jasa ubah dari kunci ke keyless adalah Honzuyaka di Cibinong, Bogor.

Baca juga: Modifikasi Keyless buat Honda BeAT, Harga mulai Rp 800.000

Pasang keyless di Yamaha AeroxHONZUYAKA Pasang keyless di Yamaha Aerox

Mulyono, Pemilik Honzuyaka mengatakan, untuk Aerox dan NMax, paket ganti kunci ke keyless mulai Rp 2,5 juta dan belum termasuk ongkos pasang.

"Yamaha paling banyak Aerox dan NMax, kan ada yang belum keyless. Harga Rp 2,5 juta, modelnya pakai yang Yamaha (cover) cuma dalamannya (sistem) tergantung permintaan," kata Mulyono kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Cuma, kebanyakan yang memasang Keyless di Mulyono meminta sistem keyless dari Honda yang dipasang ke Yamaha. Jadi luarannya tetap Yamaha, tapi seluruh sistemnya bukan, sudah diubah.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Fungsi Rambut Tipis pada Ban Baru

"Rata-rata suka pakai yang Honda, karena dia ada alarm, yang Yamaha tidak ada," kata Mulyono.

Untuk remotnya, tetap bisa pakai model yang Yamaha, cuma dalamannya juga sudah diganti dari Honda. Jadi tampilannya tetap terlihat standar, semuanya bisa diatur.

"Ada paket hemat Rp 1,5 juta, tapi permintaannya jarang," kata Mulyono.

Modifikasi kunci jadi keyless ini bisa jadi pertimbangan mengingat tingkat pencurian motor cukup tinggi akhir-akhir ini. Cuma biasanya saat modifikasi tersebut dilakukan, garansi pabrikan biasanya hangus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com