Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenop Keyless Motor yang Dirusak Maling Tidak Bisa Diperbaiki

Kompas.com - 26/08/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor dengan teknologi keyless kadang masih jadi incaran maling. Memang, motor tersebut lebih sulit buat dibobol, yang ada malah cuma merusak kenop untuk kontak on dan off.

Sayangnya, jika sudah dirusak maling kadang kenop tadi jadi tidak berfungsi. Ada yang kenopnya tersangkut, ada juga yang rusak, jadi tidak bisa diputar lagi.

Menurut Mulyono, pemilik bengkel Honzuyaka, spesialis keyless, komponen keyless yang tadi dirusak tidak bisa diperbaiki, solusinya cuma dengan cara mengganti bagian tadi.

Baca juga: Cegah Maling, Motor Batangan Juga Bisa Pasang Immobilizer

Harga komponen keyless motor hondaHONDACENGKARENG.com Harga komponen keyless motor honda

"Kalau dirusak maling, mau enggak mau harus beli satu set, tidak bisa kenop saja, terutama Honda. Kalau Yamaha masih ada beli kenopnya saja," ucap Mulyono kepada Kompas.com belum lama ini.

Perlu dipahami juga, walau motor tidak jadi digasak maling, tapi tetap ada uang yang harus dikeluarkan untuk beli sparepart.

Baca juga: Respons Konsumen Honda Soal Video Klarifikasi Rangka eSAF


Ketika kami cek ke salah satu laman penjualan suku cadang Honda, harga komponen kunci tersebut satu set sekitar Rp 500.000.

Tentu harga suku cadang tadi belum dengan ongkos pasang. Cuma bagian lainnya tidak perlu diganti, bahkan tidak perlu sampai ganti remot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com