Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ada Uji Emisi, Pengamat Sarankan Masyarakat Jangan Beli Motuba | PO Agra Mas Punya Trayek Baru Giriwoyo-Parung, Berangkat Pagi

Kompas.com - 01/09/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan uji emisi wajib bagi seluruh kendaraan di Jakarta mulai diterapkan, sejalan pula dengan dilakukannya tilang bagi siapa saja yang emisinya tidak sesuai standar.

Aturan tersebut digaungkan dengan satu tujuan, yakni mengurangi jejak emisi karbon, yang diklaim turut menjadi penyumbang polusi udara di Ibu Kota. Menanggapi diberlakukannya aturan uji emisi, beberapa pengamat dan komunitas mobil tua (motuba) mengaku terkejut, namun mafhum.

Berbeda dengan mobil lansiran tahun baru yang sudah dibekali banyak teknologi modern untuk memangkas emisi, motuba tentunya belum secanggih itu.

Selain itu, tidak hanya meluncurkan bus baru, perusahaan otobus (PO) juga meluncurkan trayek baru memperkuat layanan bus AKAP. Mulai 1 September 2023, PO Agra Mas akan melayani jalur baru Giriwoyo-Parung dan sebaliknya untuk keberangkatan pagi. Nantinya trayek anyar tersebut akan hadir dengan layanan kelas Big Top.

Adapun bus yang akan digunakan adalah jenis double decker atau bus tingkat dengan berbagai fasilitas mewah. Fasilitas yang ditawarkan adalah setiap penumpang akan mendapatkan gratis makan, cemilan, minuman serta selimut dan bantal.

Kemudian, masing-masing kursi dilengkapi dengan USB port, AVOD, lampu baca dan port colokan. Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan toilet.

Baca juga: AHM Buka Layanan Pengecekan Rangka eSAF

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 31 Agustus 2023 :

1. Ada Uji Emisi, Pengamat Sarankan Masyarakat Jangan Beli Motuba

Muchlis Amir, anggota Senior di Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) mengatakan, pemberlakuan uji emisi secara sistematis merupakan keniscayaan, yang pastinya terjadi cepat atau lambat.

“Mobilnya kan sudah sama dengan pemiliknya (tua), jadi memang harus ada regenerasi dan aturan baru, seperti uji emisi ini,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Ada Uji Emisi, Pengamat Sarankan Masyarakat Jangan Beli Motuba

2. PO Agra Mas Punya Trayek Baru Giriwoyo-Parung, Berangkat Pagi

Bus AKAP baru PO Agra MasDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Agra Mas

Setiap harinya, bus AKAP trayek baru tersebut akan melayani pukul 05.30 WIB dari Parung yang kemudian dilanjutkan menuju Ciputat, Pondok Pinang, Cilandak, Pasar Rebo.

Bus juga akan melewati Pulo Gebang, Cikarang, Karosura, Pabelan, Kerten, Solo, Jebres, Ngadirojo, Krisak, Sukoharjo, Solo Baru, Mbetal, Karangturi, Batu dan berakhir di Giriwoyo.

Sementara itu, spesifikasi bus yakni memakai bodi Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) yang ditopang oleh sasis bus Scania.

Baca juga: PO Agra Mas Punya Trayek Baru Giriwoyo-Parung, Berangkat Pagi

3. Pertamina Berencana Hapus Pertalite, Ganti Subsidi Pertamax

ilustrasi pertalite.KOMPAS.com/STANLY RAVEL ilustrasi pertalite.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com