Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Prosedur Servis Motor Listrik, Paling Lama 30 Menit

Kompas.com - 31/08/2023, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya sepeda motor konvensional, motor listrik juga butuh perawatan berkala. Meski begitu, servis motor listrik diklaim lebih singkat dibandingkan motor dengan mesin bakar internal.

Samadin, Kepala Cabang Yadea Pasar Minggu, mengatakan, pengecekan utama pada motor listrik umumnya berada pada sistem kelistrikan

“Kalau servis motor listrik atau sepeda listrik terutama cuma pengecekan daya di kelistrikan, meliputi baterai dan lampu-lampu saja, paling termasuk juga kampas rem,” ujar Samadin, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kata Pedagang Motor Bekas Soal Polemik Rangka eSAF Honda

Ilustrasi servis motor listrik YadeaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi servis motor listrik Yadea

“Jadi tidak seperti motor-motor konvensional. Waktunya pun enggak lama, paling lama setengah jam,” kata dia.

Kemudian, pengecekan juga berlanjut ke dinamo motor listrik, dan controller yang berperan seperti ECU atau otak pada motor konvensional.

“Dinamonya secara kasat mata akan dicoba, kalau enggak ada kendala, enggak perlu dicek. Karena sifatnya dia itu tertutup, benar-benar kalau sudah bermasalah baru ganti dinamo,” ucap Samadin.

Baca juga: Kecelakaan Maut Adu Banteng PO Sugeng Rahayu Vs PO Eka, Atap Bus sampai Copot

“Controller itu cuma di daya saja pengecekannya. Konsumen merasa efektif tidak dengan kapasitas baterai full, tenaga seperti itu. Itu masuknya ke pengecekan kelistrikan,” kata dia.

Samadin juga mengatakan, keluhan konsumen motor listrik saat ini biasanya bersifat sederhana. Mereka bahkan sudah konsultasi dulu sebelum datang ke bengkel resmi.

“Jadi intinya konsumen yang ke sini rata-rata sudah request duluan keluhannya apa, nanti kita analisa dulu,” kata Samadin.

“Karena rata-rata keluhan konsumen enggak serumit yang kita bayangkan. Simpel, kenapa kok baterai saya dayanya enggak sesuai dengan yang di dasbor? Ternyata mengecasnya kurang lama,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com