Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pertamax Green 92 yang Bakal Gantikan Pertalite Tahun Depan

Kompas.com - 31/08/2023, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akan mengganti bahan bakar minyak (BBM) RON 90 atau jenis Pertalite dengan kadar oktan yang lebih tinggi mulai tahun depan.

Nantinya, perusahaan akan menghadirkan BBM jenis terbaru yaitu Pertamax Green 92, yang tujuannya untuk melanjutkan program Langit Biru tahap pertama. Sebelumnya hal serupa juga dilakukan kepada BBM RON 88 atau Premium dua tahun lalu.

"Kami lanjutkan program Langit Biru tahap 2. BBM subsidi kami naikkan dari RON 90 menjadi 92," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Pertamina Berencana Hapus Pertalite, Ganti Subsidi Pertamax

Ilustrasi SPBU Pertamina.KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi SPBU Pertamina.

Lantas, apa itu Pertamax Green 92?

Pertamax Green 92 merupakan produk BBM campuran Pertalite dengan etanol 7 persen, sehingga nilai oktannya naik dari 90 menjadi 92. BBM ini kemungkinan akan masuk dalam kategori Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Sebelumnya, Pertamina juga sudah meluncurkan BBM Pertamax Green 95 yang merupakan carmpuran Pertamax RON 92 dengan etanol.

Pencampuran etanol sebagai bahan bakar nabati ini untuk menekan emisi karbon CO2 yang dihasilkan dari kendaraan bermotor, seraya menekan impor bahan bakar fosil alias gassoline.

Bila Pertalite benar-benar ditiadakan, maka Pertamina hanya akan menjual tiga produk BBM gasoline, yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.

Baca juga: Upaya PLN Mendukung Program Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

Ilustrasi SPBU Pertamina saat permintaan meningkat.

Dok Pertamina Ilustrasi SPBU Pertamina saat permintaan meningkat.

"Jadi ada tiga produk pada 2024, Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo. Jadi ada green gasoline, green energy low carbon yang akan menjadi produk Pertamina," ujar Nicke.

Pertamax Green 92 yang akan menggantikan Pertalite mulai 2024 ditargetkan oleh Pertamina sebagai produk BBM subsidi.

Menurut Nicke, dengan adanya kompensasi dan skema subsidi maka masyarakat mendapatkan kualitas BBM yang lebih baik. Kendati demikian, penetapan Pertamax Green 92 sebagai BBM subsidi berada di tangan pemerintah.

Baca juga: Hyundai Kembangkan Fast Charger Sendiri, Rilis Akhir 2023

Sejauh ini, belum ada informasi lebih detail terkait Pertamax Green 92, termasuk soal harganya. Namun, Nicke mengatakan BBM jenis baru ini akan diberikan subsidi seperti Pertalite sebelumnya.

"Ketika ini menjadi program pemerintah, Pertamax Green 92, harganya pun tentu ini adalah regulated. Tidak mungkin yang namanya JBKP harganya diserahkan ke pasar, karena ada mekanisme subsidi atau kompensasi di dalamnya," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com