Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Kenapa Kaca Depan Bus AKAP Kerap Dipajang Banyak Boneka? | Subsidi Motor Listrik Resmi Diperluas, Berikut Merek Penerima Manfaat

Kompas.com - 31/08/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Naik layanan bus AKAP pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan boneka yang menghiasi kaca depan bus. Tidak hanya satu, bahkan biasanya jumlah boneka yang diletakan di dashboard ada banyak.

Aji, salah satu sopir bus PO Gunung Harta, mengatakan, biasanya perusahaan otobus (PO) membebaskan kru untuk mengkreasikan bus agar terlihat lebih menarik.

Selain itu, Pemerintah Republik Indonesia resmi memperluas penerima subsidi kendaraan listrik. Kini satu NIK bisa mendapatkan subsidi saat membeli satu motor listrik.

Keputusan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, tujuan perubahan ini adalah percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, dimulai dari roda dua.

Baca juga: Hotman Paris Komentari Pelanggaran di Bahu Jalan Tol, Mobil Pelat Dinas Bebas Melintas

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 30 Agustus 2023 :

1. Kenapa Kaca Depan Bus AKAP Kerap Dipajang Banyak Boneka?

Maka dari itu, beberapa bus kerap menggunakan hiasan boneka agar penumpang lebih nyaman saat naik bus, terutama anak kecil.

“Penumpang bus itu tidak hanya orang dewasa aja, ada juga anak-anak. Biasanya beberapa anak yang tidak biasa naik bus akan takut kalau mau berangkat naik bus. Karena ada banyak hiasan boneka, bus jadi terlihat lebih menyenangkan bagi anak,” kata aji kepada Kompas.com di Terminal Ciawi Bogor, Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Kenapa Kaca Depan Bus AKAP Kerap Dipajang Banyak Boneka?

2. Subsidi Motor Listrik Resmi Diperluas, Berikut Merek Penerima Manfaat

Motor listrik Polytron FOX R di GIIASKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor listrik Polytron FOX R di GIIAS

"Dasar utama perubahan kebijakan ini adalah untuk percepatan dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri serta mewujudkan Indonesia yang lebih bersih," kata Agus, Selasa (29/8/2023).

Lewat subsidi ini, masyarakat mendapat potongan harga sebesar Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik. Pada aturan tersebut, dinyatakan juga satu kali pembelian motor listrik bisa dilakukan oleh masyarakat dengan satu NIK.

Baca juga: Subsidi Motor Listrik Resmi Diperluas, Berikut Merek Penerima Manfaat

3. Suzuki Luncurkan Lets 110, Skutik Baru dengan Model Ringkas

Suzuki Lets 110 meluncur di Chinagreatbiker Suzuki Lets 110 meluncur di China

 Suzuki di China baru saja meluncurkan skutik ringkas dengan nama Lets 110. Motor ini punya desain yang khas Suzuki, bodi besar dan roda kecil, cuma, tarikan bodinya tajam dan agresif.

Dikutip dari Great Biker, Suzuki Lets memiliki lampu DRL yang menyatu dengan lampu sein dan tampilannya unik. DRL tadi sudah LED, tapi sayang untuk lampu utamanya masih halogen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com