Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Mau Pelihara Grand Livina Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya | Ini Penyebab Utama Mobil Diesel Tak Lolos Uji Emisi

Kompas.com - 28/08/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Nissan Grand Livina lawas atau dengan kode bodi L10 masih menjadi low multi purpose vehicle (LMPV) yang banyak dicari. Mobil ini terkenal memiliki suspensi yang nyaman dibandingkan kompetitor sekelasnya.

Meski demikian, sebelum memutuskan untuk memelihara Nissan Grand Livina lawas Anda perlu tahu apa saja penyakit umumnya. Pertama kali diluncurkan di Indonesia tahun 2007 dengan dua pilihan yakni Livina untuk 5 penumpang dan Grand Livina 7 penumpang.

Terdapat dua pilihan pada Nissan Livina yakni varian XR dan X-Gear dengan satu pilihan mesin yaitu HR15DE 1.500cc 4 silinder.

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menerapkan uji coba tilang emisi pada Jumat (25/8/2023). Uji coba berlangsung selama enam hari, kemudian sanksi mulai berlaku pada 1 September-30 November 2023.

Kendaraan yang tidak lulus uji emisi akan dikenakan tilang. Roda dua sebesar Rp 250.000 sedangkan roda empat Rp 500.000. Mekanisme penilangan sama seperti penindakan pelanggaran lalu lintas pada umumnya.

Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, Sapta Agung Nugraha, mengatakan, untuk uji emisi mesin diesel, parameter yang diukur adalah opasitas atau kadar kepekatan gas buang.

Baca juga: Masalah Rangka eSAF Honda, Kemenhub Akan Panggil AHM Besok

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 27 Agustus 2023 : 

1. Mau Pelihara Grand Livina Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Nissan Grand Livina Special Version.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Nissan Grand Livina Special Version.

Sedangkan untuk Nissan Grand Livina memiliki 3 tipe di awal kemunculannya yaitu SV,XV dan Ultimate, lalu bertambah varian Highway Star (HWS) di akhir 2010, untuk varian Grand Livina ini juga memiliki dua pilihan mesin yaitu HR15DE 1.500cc dan HR18DE 1.800cc khusus untuk varian XV dan Ultimate.

Taufan, Kepala Cabang Dream Garage Bengkel Spesialis Nissan & Datsun Yogyakarta mengatakan ada beberapa penyakit umum pada Nissan Grand Livina lawas.

Baca juga: Mau Pelihara Grand Livina Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

2. Ini Penyebab Utama Mobil Diesel Tak Lolos Uji Emisi

Uji emisi di Auto2000dok.Auto2000 Uji emisi di Auto2000

"Untuk mesin diesel kadar opasitas gas buangnya besar, artinya asap yang dikeluarkan pekat dan kotor," ujar Sapta kepada Kompas.com, Sabtu (26/8/2023).

Sapta mengatakan, tingkat kepekatan asap buang pada mesin diesel mayoritas disebabkan oleh filter udara yang kotor dan beberapa faktor lain.

Baca juga: Ini Penyebab Utama Mobil Diesel Tak Lolos Uji Emisi

3. Quartararo Protes, Sebut Motornya Sama dengan Punya Lorenzo

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo@mj_photogp Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo

Fabio Quartararo sangat kecewa dengan performanya di musim ini. Setelah tengah musim pebalap Monster Energy Yamaha itu hanya bertengger di urutan ke-12 klasemen pebalap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com