Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Kenalkan Mobil Listrik Konsep Vizion-F di GIIAS 2023

Kompas.com - 10/08/2023, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada H-1 pameran GIIAS 2023, Rabu (9/8/2023), terpantau sejumlah pabrikan roda empat telah membawa lini produk kendaraan unggulannya untuk dipamerkan di lantai pameran ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Salah satu pabrikan yang sudah membawa lengkap produk-produknya adalah Daihatsu. Dari sekian banyak model, tampak sebuah unit yang mendapat perhatian spesial.

Mobil tersebut tidak hanya ditutupi oleh kain hitam di seluruh sisinya, tapi juga dijaga oleh beberapa orang di sekitarnya.

Baca juga: Karoseri Adiputro Bawa 9 Bus Anyar Pakai Jetbus 5 di GIIAS 2023

Daihatsu diketahui bakal memamerkan mobil konsep Vizion-FKOMPAS.com/DONNY DWISATRYO PRIYANTORO Daihatsu diketahui bakal memamerkan mobil konsep Vizion-F

Meski begitu, samar-samar redaksi Kompas.com mengintip ketika tirai sempat terbuka. Tampak sebuah mobil MPV bernama Vizion-F.

Penamaan Vizion-F diketahui dari banner yang terlihat di atas unit yang dijaga, dan sesi presentasi gladi bersih yang terpampang di layar utama. Disebutkan bahwa Vizion-F menjadi mobil konsep BEV (Battery Electric Vehicle) alias mobil listrik murni.

Seperti diketahui, belum lama ini Kementerian Perindustrian RI melakukan kunjungan kerja ke Daihatsu Motor Co., Ltd., (DMC). Dalam kunjungan kerja tersebut, dikatakan bahwa Daihatsu akan memproduksi mobil listrik dalam waktu dekat.

Baca juga: Mooney VR46 Akan Gantikan Marco Bezzecchi dengan Franco Morbidelli

Saat ini, Daihatsu belum memiliki mobil listrik yang dipasarkan di mana pun. Sebagai permulaan, Daihatsu berencana untuk memproduksinya di Jepang.

"Daihatsu belum memproduksi electric vehicle (EV) di Jepang. Rencananya tahun depan kami akan memulai produksi EV," ujar Chairman Daihatsu Motor Co., Ltd, Matsubayashi Sunao, saat bertemu Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam kunjungan kerja Kemenperin di Jepang (7/6/2023).

Sementara di Indonesia, Daihatsu masih bertahan dengan jajaran modelnya yang menggunakan mesin konvensional.

Baca juga: Bahas Fitur Motor Listrik Yadea E8S Pro, Harga Rp 23 Jutaan

Mobil konsep Daihatsu Vizion-F masih ditutup tirai besar saat H-1 GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mobil konsep Daihatsu Vizion-F masih ditutup tirai besar saat H-1 GIIAS 2023

Astra Daihatsu Motor mengaku masih melakukan studi terhadap kendaraan elektrifikasi dan belum mau membeberkan sudah sejauh mana hasilnya.

"Itu tidak bisa diberikan informasinya sekarang, karena masih dalam proses studi dan pengkajian. Elektrifikasi kan bukan cuma bikin mobil lalu selesai," ujar Direktur Marketing and Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani, saat ditemui di Jakarta (8/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com