Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Recall Daihatsu Rocky dan Xenia, Konsumen Diklaim Tidak Panik

Kompas.com - 09/06/2023, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan penarikan kembali alias recall pada Xenia dan Rocky. Meski demikian, konsumen dinilai lebih santai menanggapinya.

Sebelumnya, disebutkan ada 1.210 unit yang terdampak program recall Xenia dan Rocky. Permasalahannya sendiri ada pada ECU airbag yang berpotensi membuat airbag tidak mengembang ketika mengalami benturan atau tabrakan.

Baca juga: Masalah ECU Airbag, Daihatsu Recall Xenia dan Rocky di Indonesia

Tidak semua Xenia dan Rocky yang terkena recall. Hanya periode tertentu, tepatnya yang diproduksi pada 15 Desember 2022 hingga 11 Januari 2023.

test drive Daihatsu Rocky 1.0 Turbo CVT ASAKOMPAS.com/STANLY RAVEL test drive Daihatsu Rocky 1.0 Turbo CVT ASA

Marketing and Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani, mengatakan, jumlahnya relatif tidak terlalu banyak. Tapi, karena terkait dengan keselamatan, maka ini sangat serius.

"Jadi, kita yang telepon konsumen satu per satu. Responsnya sejauh ini yang sekarang lebih mudah," ujar Agung, saat ditemui di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: Imbas Ecu Airbag, Toyota Juga Umumkan Recall Avanza, Raize, dan Veloz

"Tidak seperti zaman beberapa tahun yang lalu, ketika diumumkan recall lalu panik. Kalau yang sekarang sih lebih oke," kata Agung.

Dual SRS AirbagToyota Astra Motor (TAM) Dual SRS Airbag

Agung menambahkan, beberapa unit ada yang sudah masuk ke bengkel. Beberapa konsumen tersebut ada juga yang datang sendiri, tanpa perlu ditelepon.

"Target kita, karena ada yang fleet dipakai di offsite, kurang lebih sampai Desember. Tapi, kami berharap kepada pelanggan secepatnya bisa datang ke bengkel," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com