Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Fitur Motor Listrik Yadea E8S Pro, Harga Rp 23 Jutaan

Kompas.com - 09/08/2023, 10:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Meluncur di ajang IIMS 2023, Yadea E8S Pro jadi salah satu alternatif motor listrik yang bisa dimiliki. Salah satunya berkat harga jual yang setara dengan motor bensin kebanyakan, yakni Rp 23,9 juta on the road DKI Jakarta.

Namun bagaimana soal fitur-fiturnya?

Redaksi Kompas.com berkesempatan menjajal motor listrik ini untuk mengulas seperti apa kecanggihannya.

Pertama dari sisi performa, Yadea E8S Pro mengusung motor listrik hub drive 2.000 W yang didukung baterai Graphene 72V38Ah atau sekitar 2,7 kWh.

Baca juga: Bus Jadul PO Lorena Mejeng di Salah Satu Taman Bogor

Test ride Yadea E8S ProKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride Yadea E8S Pro

Menariknya, motor listrik ini memiliki fitur rem regeneratif atau yang disebut Yadea sebagai TTFAR Technology Kinetic Power Recycle System.

Tapi sayang fitur ini tidak memiliki pengaturan, sehingga pengendara bakal selalu merasakan efek engine brake saat deselerasi atau menutup gas.

Selain itu, terdapat juga mode berkendara 1 dan 2 yang bisa diganti sesuai selera. Dari impresi kami, mode 1 rasanya lebih cocok dipakai ketika macet-macetan.

Baca juga: Simak Harga Innova Diesel Bekas, mulai Rp 100 Jutaan

Sementara mode 2 asyik buat cruising santai atau ngebut, karena rasio giginya terasa lebih berat dari mode 1.

Sebagai keamanan, motor listrik ini juga dilengkapi Safety Start Button yang membuat proses start motor ini jadi lebih mudah. Tinggal memencet tuas rem sekali usai melakukan kontak, maka motor sudah bisa berjalan.

Yadea E8S Pro juga masih memiliki saklar lampu yang bisa dinyalakan atau dimatikan sesuai kebutuhan. Kemudian juga ada lampu hazard dan tombol untuk mengaktifkan rem parkir.

Baca juga: Catat, Pemutihan Pajak Kendaraan Jawa Barat Berlaku hingga Agustus

Bagasi motor Yadea E8S ProKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Bagasi motor Yadea E8S Pro

Beralih ke bagian layar instrumen, terdapat penunjuk daya baterai, odometer, indikator gigi, sampai indikator gas serta rem.

Tapi sayang indikator baterai motor listrik ini seperti kurang akurat. Sebab ketika motor melakukan deselerasi, fitur rem regeneratif bakal aktif, dan seketika indikator baterai bisa penuh kembali. Padahal motor sudah dipakai berjalan cukup jauh.

Bicara soal kepraktisan, Yadea E8S Pro juga didukung bagasi yang cukup luas mencapai 32 liter. Bagasi ini bahkan bisa diisi helm full face untuk ukuran tertentu.

Kemudian ruang kakinya juga cukup luas, membuat area dek tengah bisa dipakai untuk membawa berbagai barang, termasuk galon sekalipun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com