Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Daihatsu Sudah Mejeng di GIIAS 2023, Hijet Generasi Baru?

Kompas.com - 09/08/2023, 13:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 siap digelar pada 10-20 Agustus 2023, di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Selama 10 hari, pameran tersebut akan diisi oleh berbagai exhibitor dari mobil penumpang, kendaraan niaga, sepeda roda dua, hingga berbagai aksesori dari berbagai produsen otomotif.

Pada H-2 jelang pameran, Senin (8/9/2023), terpantau sejumlah pabrikan roda empat telah membawa lini produk kendaraan unggulannya untuk dipamerkan di lantai pameran.

Salah satunya adalah Daihatsu. Pada booth yang berlokasi di Hall 7 dan Hall 8 ini, terlihat satu kendaraan yang sudah mejeng di lantai pameran. Mobil tersebut masih diselimuti oleh cover yang cukup tebal. Hanya sedikit bagian samping dan ban yang terlihat jelas.

Baca juga: Tes Daihatsu Rocky Bekas di Mobil88, Cek Kondisi Kabin

Jika melihat dari siluetnya, bisa jadi mobil tersebut adalah mobil van legendaris Daihatsu Hijet generasi baru.

Indikasi ini terlihat dari lekukan body dan bumper depan yang mirip seperti Hijet terbaru yang sudah lebih dulu meluncur di global.

Daihatsu Hijetdgip.go.id Daihatsu Hijet

Sebagai informasi, Daihatsu Hijet versi anyar sudah terdaftar dalam berita resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM.

Mobil yang masuk ke dalam kategori kei car itu terdaftar di Berita Resmi Desain Industri No 08/DI/2022 dengan nomor permohonan. A00202200556. Tertulis nama dan alamat pemohon desain tersebut adalah Daihatsu Motor CO., LTD, yang beralamat di Ikeda-Shi, Osaka, Japan.

Dalam data tersebut terlihat juga desain mobil yang serupa dengan Hijet generasi terbaru yang meluncur di global beberapa waktu lalu.

Pendaftaran merek atau paten memang tidak bisa dipastikan sebagai sinyal peluncuran produk, namun hal ini jadi pintu masuk awal sebelum dipasarkan secara nasional.

Menyoal spesifikasi, Daihatsu Hijet dibekali mesin berkubikasi 660 cc tiga silinder dengan dua pilihan yakni turbo dan non turbo.

Untuk varian turbo mampu menghasilkan tenaga 63 Tk dan torsi puncak 91 Nm. Sementara untuk varian non turbo memiliki tenaga 45 Tk dengan torsi maksimum 60 Nm.

Diahatsu HijetDoc Carscoops Diahatsu Hijet

Baca juga: Tes Daihatsu Rocky Bekas di Mobil88, Cek Kondisi Kabin

Daihatsu Hijet anyar dibekali dengan dua pilihan sistem penggerak, yakni four wheel drive (4WD) dan 2 wheel drive (2WD). Mobil ini juga sudah dibekali dengan fitur keselamatan yang cukup mumpuni, seperti Collision Mitigation Braking System dan Pedal Misoperation Control.

Bicara harga cukup bervariasi, tergantung pilihan mesin dan sistem penggerak. Untuk harga termurahnya, dibanderol 1.045.000 yen atau sekitar Rp 110 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com