Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah yang Kerap Muncul Saat Pelihara Vespa Klasik

Kompas.com - 03/08/2023, 10:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com - Popularitas Vespa klasik asal Italia masih digemari sebagian penikmat sepeda motor. Punya mesin 2-tak serta usia yang tidak muda lagi, membuat Vespa klasik kerap mengalami masalah khusus yang biasanya sampai membuat mogok di jalan.

Quthbi Firdauz, pemilik bengkel DRT Scoot Scooter Service, Wonogiri, menjelaskan, penyebab vespa klasik mogok biasanya terjadi karena adanmasalah pada busi.

"Untuk Vespa mogok itu, untuk pertama kali di cek dari bensin dan di busi, umumnya masalah Vespa mogok di busi, karburator atau sistem pengapian," ucap Quthbi kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2023).

Baca juga: Pemula Coba Main Vespa 2 Tak, Coba Beli Tahun yang Paling Muda

Bengkel Vespa klasikOtomania/Setyo Adi Bengkel Vespa klasik

Pastikan ada cukup bahan bakar dalam tangki dan busi dalam kondisi yang baik. Jika bahan bakar dan busi tidak menyebabkan masalah, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada karburator dan sistem pengapian.

Busi yang kotor dapat menyebabkan masalah pada kinerja mesin, alasannya busi merupakan komponen yang krusial dalam sistem pengapian yang berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin.

Baca juga: Brosur Jadul Tersibak, Harga Vespa Memang Mahal sejak Dahulu

Deretan Vespa klasik yang akan direstorasi di Jadul's Scooter Garage.Kompas.com/Donny Deretan Vespa klasik yang akan direstorasi di Jadul's Scooter Garage.

Sama halnya dengan busi, kerusakan pada karburator juga mengkhawatirkan, karena jika terjadi masalah dalam aliran bahan bakar akan mempengaruhi performa mesin sehingga menyebabkan mogok pada Vespa

Alasannya, karena karburator berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara dalam proporsi yang tepat sebelum masuk ke ruang bakar mesin.

Untuk memberikan perawatan terbaik bagi Vespa, sebaiknya segera periksakan ke bengkel yang berpengalaman untuk diperiksa dan diganti jika perlu.

Perawatan rutin dan mengganti busi secara teratur adalah bagian penting dari menjaga kinerja dan efisiensi mesin Vespa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com