Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemula Coba Main Vespa 2 Tak, Coba Beli Tahun yang Paling Muda

Kompas.com - 31/07/2023, 19:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Vespa bisa dibilang jadi motor klasik yang tren akhir-akhir ini. Komunitas Vespa klasik memang sudah ada sejak lama, tapi sekarang mulai sering bermunculan Vespa di jalanan, terutama model 2 tak.

Bagi yang mau mulai main Vespa 2 tak, sekarang bukan jadi waktu yang terlambat. Apalagi untuk pemula, bisa juga masuk ke hobi baru, yakni merawat motor klasik.

Tapi untuk yang baru pertama kali mau beli Vespa 2 tak, model apa yang bisa jadi awal dari hobi merawat motor klasik?

Baca juga: Kenapa Desain Motor Listrik Banyak yang Mirip Vespa?

Modifikasi Vespa PX Series tahun 2001 milik Naufal Hammada di IIMS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Modifikasi Vespa PX Series tahun 2001 milik Naufal Hammada di IIMS 2017.

Ncex, Pemilik Bengkel Vespa ART di Bogor mengatakan, Vespa tipe PX dan Excel bisa jadi pilihan pertama para pemula main Vespa 2 tak.

"PX atau Excel, dia sudah CDI, sudah sempurna lah. Pengapian, mesin, dan bodi sudah sempurna," kata Ncex kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Ncex mengatakan, Vespa dari dulu modelnya prototipe, artinya pakai model yang comot sana-sini. Tapi untuk Excel dan PX, sudah penyempurnaan.

Baca juga: Motor Listrik Konversi Tetap Punya Nomer Mesin

"Makanya untuk Excel ini sudah penyempurnaan, sudah starter, lampu terang, CDI, sudah enak buat harian, touring, buat apa enak," kata Ncex.

Kalau misal mau coba beli Vespa yang di bawah 1970-an, siap-siap lebih repot merawatnya. Nantinya habis beli bisa saja lebih sering dibawa ke bengkel.

"Perawatan sering ke bengkel. Waktu beli kita bongkar semua jadi tau dalemannya gimana. Yang perlu dibubut, bubut, kan dia rotary, mesin becek, dibubut lagi, bearing baru, seal-seal," kata Ncex.

Jadi kalau tidak mau repot, Vespa PX dan Excel bisa jadi pilihan. Selain itu harga bekasnya belum semahal Vespa yang usianya lebih tua, cocok buat pemula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com