Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil di MotoGP Jepang, Yamaha Pamer Livery Motor Balap Cal Crutchlow

Kompas.com - 28/07/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha resmi mengumumkan Cal Crutchlow sebagai pebalap wild card pada balapan MotoGP Jepang 2023 awal Oktober mendatang.

Uniknya Cal Crutchlow tidak akan tampil mewakili tim pabrikan Monster Energy Yamaha di Sirkuit Twin Ring Motegi. Ia tampil sebagai pebalap yang membela tim khusus, bernama Yamalube RS4GP Racing Team.

Melihat tampilannya, Yamalube RS4GP Racing Team ini tampil dengan livery spesial, yang berbeda dengan milik Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Baca juga: Video Viral Sopir Rush Sigap Menghindari Truk Gagal Menanjak

Cal Crutchlow bakal balapan di Motegi dengan Yamalube RS4GP Racing TeamDok. Yamaha MotoGP Cal Crutchlow bakal balapan di Motegi dengan Yamalube RS4GP Racing Team

“Aku bahagia berkesempatan balapan di Motegi dengan Yamalube RS4GP Racing Team," ujar Crutchlow, dilansir dari laman Yamaha MotoGP (27/7/2023).

"Sebagai pebalap tes, yang bisa kulakukan adalah membantu pengembangan M1. GP Jepang adalah kesempatan baik untuk mencoba motor prototipe dalam setting balap," kata dia.

Walaupun baru sekali tampil sebagai pebalap wild card, Crutchlow sudah sempat menjalani beberapa balapan MotoGP bersama Yamaha usai pensiun.

Baca juga: Curiga Oli Pertamina dan Shell yang Lebih Murah Rp 10.000

Pebalap asal Inggris ini pernah menggantikan Franco Morbidelli dan Maverick Vinales, untuk beberapa seri MotoGP 2021.

Mantan pebalap Honda dan Ducati ini juga tampil menggantikan Andrea Dovizioso dalam enam balapan terakhir MotoGP 2023.

Keputusan Yamaha menurunkan pembalap wild card terbilang cukup unik, karena mereka terakhir melakukannya lima tahun silam.

Baca juga: Begini kalau Honda CBR250RR Pakai Mesin Empat Silinder, Super Agresif

Cal Cructhlow bakal balapan di Motegi dengan Yamalube RS4GP Racing TeamDok. Yamaha MotoGP Cal Cructhlow bakal balapan di Motegi dengan Yamalube RS4GP Racing Team

Momen terakhir itu terjadi pada MotoGP Jepang 2018 silam, saat Katsuyuki Nakasuga tampil balapan di kampung halamannya.

“Saya yakin wild card ini akan menjadi titik balik yang signifikan untuk meningkatkan performa YZR-M1,” kata Kazutoshi Seki, YMC MotoGP Project Leader, pada kesempatan yang sama.

“Para insinyur bekerja sangat keras, dan partisipasi Cal di GP Jepang bermanfaat bagi peningkatan YZR-M1 untuk tim pabrikan – tidak hanya untuk musim ini tetapi juga untuk musim berikutnya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com