Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cal Crutchlow Dapat Wildcard di MotoGP Jepang, Tugas Khusus Yamaha

Kompas.com - 19/07/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap uji Yamaha, Cal Crutchlow akan kembali balapan lewat jalur wildcard di MotoGP Jepang, Oktober mendatang. Selain balapan, Crutchlow didapuk untuk menganalisa pengembangan motor Yamaha YZR-M1.

Ini bukan pertama kali Crutchlow kembali balapan setelah pensiun dari MotoGP pada 2020. Tahun lalu, pebalap asal Inggris itu menjadi pebalap pengganti di tim satelit RNF Racing menggantikan sisa musim Andrea Dovizioso.

Baca juga: Harley Rilis Motor Listrik LiveWire Terbaru, Harga Tembus Rp 200 Jutaan

“Kami sangat senang dengan Cal. Selain itu kami mendorong untuk meningkatkan jumlah waktu pelatihan di Eropa," kata Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli dilansir dari Motorsport, Selasa (18/7/2023).

Test rider Yamaha MotoGP Cal CrutchlowDok. Paddock GP Test rider Yamaha MotoGP Cal Crutchlow

“Kami telah memutuskan bahwa tahun ini kami akan melakukan wildcard di Motegi, dan saya harap akan ada yang kedua," kata Meregalli.

Selain itu, hadirnya Crutchlow merupakan kesempatan buat Yamaha untuk mengumpulkan data tambahan selama balapan hari Minggu. Sebab saat ini Yamaha tidak punya tim satelit setelah RNF Racing hijrah ke Aprilia.

Seperti diketahui musim 2023 merupakan tahun yang berat buat Yamaha. Sepanjang semester pertama 2023 para pebalap pabrikan Iwata melempem di lintasan melawan pebalap Ducati dan KTM.

Baca juga: Kapan Hyundai Ioniq 6 Diluncurkan di Indonesia?

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat tampil dalam rangkaian MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (31/3/2023).AFP/JUAN MABROMATA Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat tampil dalam rangkaian MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (31/3/2023).

Pebalap utama Yamaha Fabio Quartararo hanya sekali naik podium saat balapan, dan satu kali saat sprint race. Sedangkan catatan terbaik rekan setimnya yaitu Franco Morbidelli ialah finis posisi keempat di MotoGP Argentina.

Selama beberapa bulan terakhir, Quartararo mengeluh bahwa motor Yamaha YZR-M1 tidak banyak berkembang sejak 2019. Pebalap asal Perancis itu sanksi kalau ke depan Yamaha bisa membuat langkah maju.

Saat ini Yamaha berada di peringkat paling bawah konstruktor. Hanya terpaut tujuh poin dari Honda yang juga sedang berjuang dari keterpurukan karena performa motor Honda RC213V tak kunjung membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com