Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Toyota Transmover, Bekas Taksi Blue Bird yang Akan Dijual

Kompas.com - 27/07/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Honda Mobilio, Blue Bird rupanya akan memasarkan Toyota Transmover yang sama-sama merupakan unit bekas taksi dengan status low multi purpose vehicle (LMPV).

Ini bisa jadi salah satu alternatif bagi masyarkat yang memang sedang mencari mobil bekas tujuh penumpang dengan harga yang terjangkau.

Dari segi tampilan, Transmover memang mirip dengan Avanza lawas karena jadi versi terendah, atau paling dasar yang dikeluarkan untuk mengisi permintaan di segmen fleet, seperti taksi.

Baca juga: Blue Bird Bakal Jual Toyota Transmover Bekas Taksi

Lantaran itu, secara fitur yang disajikan memang sangat sederhana karena orientasinya lebih ke fungsi. Bahkan lebih minim dari Avanza tipe E yang dulu menjadi varian termurah.

Pertama dari sisi eksterior, warna gril polos dengan kelir hitam tanpa ada sentuhan kromium demikian juga dengan cover spion.

Toyota Transmover yang dijadikan taksi(Ghulam N/KompasOtomotif) Toyota Transmover yang dijadikan taksi

Selain itu, pengendara juga masih harus melakukan pengaturan kaca spion baik kanan dan kiri secara manual.

Masuk ke bagian kaki-kaki diisi dengan pelek kaleng berkuran 185/70 R14 mirip dengan Toyota Limo.

 

Kesan polos juga terlihat pada buritan belakang, hanya dihias emblem Transmover yang merupakan kependekan dari "transport you to move to other place".

Masuk ke kabin, kemasannya terlihat sama dengan Avanza yang dominasi material plastik hitam sampai bagian doortrim. Panel AC juga dibuat senada dengan maksud agar tak mudah terkelupas.

Baca juga: Kompresi Mesin Mulai Loyo, Bisa Jadi karena 4 Masalah Ini


 

Bagian kemudi juga tampil polos dengan kelir warna dasar hitam. Namun sudah tersedia perangkat keselamatan untuk pengendara berupa airbag.

Untuk perangkat hiburan, hanya disediakan dua unit speaker tanpa ada head unit. Sedangkan untuk jok, dibalut dengan kombinasi vinyl dan fabric.

Bicara soal dapur pacu, Transmover yang pertama kali diluncurkan pada 2016 mengusung mesin Dual VVTi berkapasitas 1.329 cc 4 silinder.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 200 Jutaan, Bisa Dapat Innova atau Xpander

Mesin tersebut lagi-lagi serupa dengan Avanza yang memiliki tenaga sebesar 96 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm di putaran 4.200 rpm.

-Dok. SHUTTERSTOCK/JAVAISTAN -

Soal transmisi, jangan berharap ada pilihan otomatis karena hanya tersedia manual saja. Hal karena untuk mengejar fungsi sebagai mobil operasional yang diharapkan memiliki efisiensi dalam penggunaan bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com