Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Dapat Hadiah Spesial dari Suzuki, Satu Unit GSX-RR

Kompas.com - 08/07/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Aleix Espargaro mendapatkan hadiah berupa satu unit motor MotoGP Suzuki GSX-RRDok. Speedweek.com Aleix Espargaro mendapatkan hadiah berupa satu unit motor MotoGP Suzuki GSX-RR

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro belum lama ini mendapatkan kado spesial dari tim lamanya, yakni Suzuki. Dia diberikan satu unit motor MotoGP GSX-RR.

Aleix naik ke MotoGP tidak langsung diterima tim pabrikan. Dia harus menghabiskan empat musim terlebih dahulu di tim satelit sebelum akhirnya dilirik oleh Suzuki pada 2015.

Baca juga: Jadi Pebalap Tertua di MotoGP 2023, Aleix Espargaro Belum Mau Pensiun

Musim tersebut juga jadi musim pertama Suzuki kembali balapan di kelas MotoGP setelah sebelumnya mundur dari ajang balap ini. Aleix menghabiskan dua musim bersama Suzuki sebelum pindah ke Aprilia.

Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Aleix Espargaro, memacu motornya pada sesi latihan bebas pertama GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (17/4/2015).AFP PHOTO/JUAN MABROMATA Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Aleix Espargaro, memacu motornya pada sesi latihan bebas pertama GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (17/4/2015).

Saat bersama Suzuki, Aleix tidak pernah meraih podium. Prestasi terbaiknya hanya mendapatkan pole position dan finis di posisi keempat.

"Ini adalah hadiah yang membuat saya sangat senang dalam hidup saya. Ini membuat saya hampir menangis, sangat membuat saya merinding," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Jumat (7/7/2023).

Baca juga: Aleix Espargaro Berharap Pebalap MotoGP Bisa Lebih Santai

Aleix menambahkan, dirinya sangat berterima kasih pada pimpinan proyek Suzuki, yakni Shinichi Sahara. Tak ketinggalan, Davide dan Roberto Brivio dan semua manajemen di Suzuki Motor di Jepang.

Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Aleix Espargaro, memacu motornya pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016).MOTOGP.COM Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Aleix Espargaro, memacu motornya pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016).

"Orang-orang bilang mustahil, mereka tidak pernah memberikan atau menjual motor MotoGP. Tapi, saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan mereka dan selalu mendorong mereka sejak saya meninggalkan Suzuki untuk Aprilia," kata Aleix.

"Mereka selalu bilang, 'tidak, tidak, tidak!" Tapi, ketika mereka keluar, mereka menghubungi saya dan mengatakan saya bisa memiliki motor di mana proyek tersebut dimulai," ujarnya.

Pebalap Team Suzuki MotoGP asal Spanyol, Aleix Espargaro (kiri), membalap di depan pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, pada sesi latihan kedua GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Jumat (21/10/2016).PAUL CROCK/AFP PHOTO Pebalap Team Suzuki MotoGP asal Spanyol, Aleix Espargaro (kiri), membalap di depan pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, pada sesi latihan kedua GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Jumat (21/10/2016).

GSX-RR yang diberikan pada Aleix merupakan motor yang digunakan dirinya di musim terakhir bersama Suzuki, yakni tahun 2016. Selain satu unit motor, Suzuki juga memberikan beberapa fairing, termasuk fairing yang dilengkapi dengan winglet.

Aleix sempat terkejut ketika melihat motor lamanya dan membayangkan bagaimana motor MotoGP telah berevolusi. Bahkan menurutnya, motor MotoGP yang lama sekarang terasa seperti Moto2.

Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Maverick Vinales, merayakan keberhasilannya finis di urutan pertama pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016).MOTOGP.COM Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Maverick Vinales, merayakan keberhasilannya finis di urutan pertama pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016).

"Suzuki adalah pabrikan pertama yang yakin dan percaya pada saya, mengubah hidup saya dan keluarga saya selamanya. Buat saya, motor ini sangat spesial," kata Aleix.

Belum diketahui apakah mantan pebalap Suzuki lainnya, seperti Maverick Vinales, Alex Rins, dan Joan Mir, juga mendapatkan hadiah yang sama dari Suzuki.

Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Padahal, Vinales adalah pebalap yang memberikan kemenangan pertama untuk Suzuki di 2016. Mir bahkan meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 bersama Suzuki.

Rins juga jadi pebalap yang paling banyak memberikan podium untuk Suzuki. Penampilan terakhir Suzuki di Valencia 2022 juga jadi lebih spesial berkat kemenangan yang diraih oleh Rins.

Pebalap asal Spanyol Alex Rins merayakan kemenangan pada balapan terakhir bersama Suzuki Ecstar. Balapan terakhir Alex Rins bersama Suzuki Ecstar jatuh pada MotoGP Valencia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB.AFP/JAVIER SORIANO Pebalap asal Spanyol Alex Rins merayakan kemenangan pada balapan terakhir bersama Suzuki Ecstar. Balapan terakhir Alex Rins bersama Suzuki Ecstar jatuh pada MotoGP Valencia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB.

Sebelum berpisah dengan Suzuki, Rins bahkan terang-terangan pernah meminta satu unit GSX-RR juga sebagai kado perpisahan. Namun, pihak Suzuki menolak, karena motor tersebut harus kembali ke Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com