Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pebalap Tertua di MotoGP 2023, Aleix Espargaro Belum Mau Pensiun

Kompas.com - 12/05/2023, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Valentino Rossi pensiun, pebalap tertua saat ini di MotoGP adalah Aleix Espargaro. Meski demikian, Aleix masih belum mau untuk pensiun dari dunia balap.

Pebalap tim pabrikan Aprilia tersebut saat ini sudah menginjak usia 34 tahun. Aleix sendiri sudah membalap di kelas MotoGP sejak musim 2010.

Baca juga: Aleix Espargaro Minta Marc Marquez Dihukum Lebih Berat

Tapi, dia sempat kembali ke Moto2 pada 2011 dan menghabiskan satu musim dengan tim Pons HP40. Kemudian, Aleix kembali ke MotoGP pada musim 2012 hingga sekarang. Aleix sendiri sudah membalap untuk Aprilia sejak 2017.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023

"Menurut saya, apa yang telah saya lakukan di MotoGP sudah bagus dan jika tahun depan, di awal tahun, saya berjuang dengan yang terbaik, saya akan lanjut di 2025, jika Aprilia menginginkannya," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Jumat (12/5/2023).

Aleix menambahkan, jika dirinya tidak kompetitif, dia pun tidak khawatir dan menerima jika waktunya untuk pensiun tiba. Dia mengaku menerima nasibnya jika 2024 akan menjadi musim terakhirnya.

Baca juga: Refleks Pebalap MotoGP, Aleix Espargaro Hampir Tabrak Kucing

"Saya pikir saya adalah salah satu dari sedikit, seusia saya, yang dapat mengatakan bahwa itu akan tergantung pada level dan kecepatan saya. Ini tidak akan menjadi sangat menegangkan," kata Aleix.

Pebalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, merayakan kemenangan dalam balapan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada Senin (4/4/2022) dini hari WIB.AFP/JUAN MABROMATA Pebalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, merayakan kemenangan dalam balapan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada Senin (4/4/2022) dini hari WIB.

Kontrak Aleix dengan Aprilia juga akan berakhir di 2024. Musim tersebut akan menjadi musim ke-14 bagi Aleix menjadi pebalap MotoGP.

Sejauh ini, Aleix baru meraih tujuh podium dengan satu kemenangan di antaranya. Kemenangan tersebut diraih pada MotoGP Argentina 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com