Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Berharap Pebalap MotoGP Bisa Lebih Santai

Kompas.com - 28/03/2023, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri perdana MotoGP Portugal yang berlangsung di Sirkuit Portimao menyisakan banyak drama.

Tak sedikit pebalap yang mengalami insiden di GP Portugal hingga harus absen di seri berikutnya. Sebut saja Pol Espargaro yang mengalami cidera pada saat sesi latihan. Kemudian Enea Bastianini yang kecelakaan sprint race, dan terakhir Marc Marquez yang harus absen usai tabrak Miguel Oliveira saat balapan pada pekan lalu.

Setelah rentetan kecelakaan yang terjadi pada rangkaian MotoGP Portugal, pebalap paling senior di MotoGP Aleix Espargaro angkat bicara. Ia meminta rivalnya untuk lebih ‘santai’ saat balapan untuk meminimalisir kecelakaan.

Baca juga: Tambah Poin, Alex Marquez Finis Lima Besar di MotoGP Portugal

“Kami memiliki banyak pebalap di rumah sakit. Kita tidak bisa terus seperti ini. Ini bukan tentang Race Direction atau media. Ini tentang kita, para pebalap,” ucap Aleix, dikutip dari Crash, Senin (27/3/2023).

“Di lap terakhir Anda bisa agresif, menyentuh (pebalap) lain, itu tidak apa-apa. Tapi ayolah, ini balapan pertama dan kami memiliki empat pebalap di rumah sakit,” kata dia, melanjutkan.

Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).AFP/PAU BARRENA Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).

Kakak kandung Pol Espargaro itu juga turut menyarankan rivalnya untuk tidak terlalu mengambil risiko saat balapan.

“Pada hari Minggu saya memiliki kecepatan untuk podium, tetapi saya finis kesembilan. Saya tidak bisa menyalip karena saya tidak ingin menempatkan siapapun di rumah sakit,” ujar Aleix.

“Saya tidak bisa mengendalikan mereka. Aku bukan pria baik. Saya juga bisa agresif. Tapi ada batasnya. Saya tahu di mana batasnya, tetapi 80 persen pebalap tidak tahu,” tambahnya.

Baca juga: Alex Rins Sebut Motor Balap Honda Lebih Bagus di Tikungan

Saat ditanya, apakah rentetan kecelakaan ini ada hubungannya dengan format baru sprint race, Aleix menjawab dengan ragu.

“Ini adalah pertanyaan yang sangat bagus. Tapi saya tidak punya jawabannya. Kalau sudah terbiasa dengan format baru semuanya akan lebih santai. Kami, para pembalap, kami perlu memikirkan kembali minggu ini. Kita semua, kita perlu santai,” ucap Aleix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com