Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Kernet Ternyata Tidak Harus Bisa Mengendarai Bus

Kompas.com - 28/06/2023, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


BOGOR, KOMPAS.com- Kernet berperan penting dalam setiap layanan perusahaan otobus (PO). Tidak hanya sekedar asisten sopir, selama perjalanan berlangsung kernet akan mengemban berbagai tugas agar pelayanan dari bus lebih maksimal. Lalu apakah untuk menjadi kernet harus bisa mengendarai bus?

Abdul salah satu kernet bus dari PO Agra Mas mengatakan, untuk menjadi kernet tidak harus bisa mengendarai bus.

“Saya sendiri tidak bisa. Jadi saya tidak tahu bus dengan transmisi matik atau manual yang lebih nyaman digunakan,” kata Abdul kepada Kompas.com saat ditemui langsung di Terminal Baranangsiang, Bogor, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Indonesia Jadi Negara Pertama yang Jual Mitsubishi XFC

Menurut Abdul, bila kernet punya kemampuan mengendarai bus merupakan salah satu keunggulan yang sangat membantu sopir bila di situasi darurat.

Namun hal tersebut jarang terjadi lantaran untuk menjadi sopir bus ialah orang yang punya kemampuan mumpuni. Sehingga tidak bisa sembarangan orang, termasuk kernet.

“Tugas utama kernet itu mempermudah kerja dari sopir bus dan memastikan kebersihan bukan mengendarai bus. Tapi kita juga harus paham tentang bus juga sehingga kalau bus ada masalah, misalnya ganti ban, bisa langsung kita kerjakan,” kata Abdul.

Jejeran bus di terminal Baranangsiang, BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Jejeran bus di terminal Baranangsiang, Bogor

Bila kernet tersebut memang ingin menjadi sopir, maka harus mengikuti tes sebagai sopir dari PO agar bisa naik tingkat dari kernet menjadi sopir.

“Kalau di bus AKAP itu kan sopirnya dua, mereka akan gantian. Sehingga kernet bisa fokus dengan tugasnya. Sementara itu untuk bus AKDP itu terdiri dari satu sopir yang sudah punya jam kerja tinggi, sehingga tidak mengizinkan dengan mudah untuk kernet mengendarai bus,” kata Abdul.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com