Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK Binaan AHM Persiapkan Alumni Masuk Dunia Industri

Kompas.com - 27/06/2023, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - Astra Honda Motor memiliki SMK binaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan sampai Juni 2023, tercatat ada 705 SMK binaan di 36 provinsi, baik negeri maupun swasta.

Soal siswanya, SMK binaan Astra saat ini sudah ada sekitar 254.000 orang, termasuk dengan alumni. Sedangkan kalau tanpa lulusan, ada lebih kurang 229.000 siswa.

Gunardi, Manager Satu Hati Education Program mengatakan, dari total siswa yang sudah lulus, sekitar 3.000 alumni bekerja di lingkungan bisnis AHM.

Baca juga: Astra Group Kuasai Pasar Otomotif Indonesia Januari-Mei 2023

Festival Vokasi Satu Hati 2023Kompas.com/Fathan Festival Vokasi Satu Hati 2023

"Ada 3.831 alumni yang bekerja di pabrik AHM dan di AHASS sebanyak 3.638 orang," ucap Gunardi di Cikarang, Selasa (26/6/2023).

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menambahkan, SMK yang dibina oleh AHM memiliki beberapa tujuan untuk para siswanya, disingkat jadi BMW.

"B, artinya bekerja, alumni SMK ini diharapkan bisa diserap semaksimal mungkin di jaringan sepeda motor Honda, seperti di AHASS, di pabrik AHM, di network lainnya," kata Muhib.

Baca juga: Mau Klaim Santunan Kecelakaan Jasa Raharja? Ada Batas Kedaluwarsanya


Lalu untuk M, yakni melanjutkan studi. Artinya para alumni disediakan jembatan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni kuliah.

"Kita fasilitasi dengan membangunkan jembatan dengan politeknik Astra (Astratech), siswa terbaik akan mendapatkan beasiswa kuliah di politeknik Astra," kata Muhib.

Terakhir, W merupakan wirausaha, ini untuk alumni yang memilih tidak bekerja di bengkel atau melanjutkan sekolah. Peminatnya juga disiapkan jalur berupa program bantuan, cuma tidak sembarangan yang bisa menerimanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com