Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Interior All New Daihatsu Ayla, Apa Saja yang Baru?

Kompas.com - 24/06/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai meluncur hampir 10 tahun di Indonesia, Daihatsu Ayla akhirnya mendapatkan ubahan secara menyeluruh, tak hanya eksterior, interior, namun juga sektor mesin.

Sebelumnya tim redaksi sudah membahas tentang tampilan luar Daihatsu Ayla, kini saatnya mengulik bagaimana interior dan kenyamanan mobil murah yang masuk kategori low cost green car (LCGC) tersebut.

Secara keseluruhan, kabin Daihatsu Ayla tipe R CVT ADS didominasi dengan warna hitam, dengan material plastik pada dasbor dan doortrim.

Baca juga: Desain All New Daihatsu Ayla, Naik Kelas dan Jadi Lebih Sporty

Bagian jok masih menggunakan desain ‘pocong’ alias headrest yang menyatu dengan jok, dilapisi dengan material fabric dengan aksen garis berwarna merah. Pengaturan untuk maju mundur dan rebah jok juga masih manual.

All New Dihatsu AylaKompas.com/Nanda All New Dihatsu Ayla

Setir mobil sudah menggunakan model palang tiga, dengan material kulit berwarna hitam. Sayangnya, meski ini merupakan varian tertinggi dari keluarga Ayla, belum terdapat tombol audio steering switch. Berbeda dengan kembarannya Toyota Agya, yang sudah memiliki kelengkapan tersebut.

Untuk pengaturan setir masih tilt dan belum bisa telescopic, ini mungkin bisa mengurangi ergonomi pengemudi saat berkendara.

Pada dasbor ada layar hiburan 7 inci, sudah terintegrasi bluetooth, Android Auto, serta Apple CarPlay. Kemudian di bawah layar head unit terdapat kisi-kisi AC dan pengaturannya sudah digital.

Desain konsol tengah terlihat desain yang cukup minimalis, dengan dua cup holder, tuas transmisi, hand brake, serta kompartemen yang bisa digunakan untuk menaruh ponsel atau barang-barang lainnya.

Berlanjut ke baris kedua, meski mobil ini tergolong mobil perkotaan yang memiliki desain mungil, leg room (ruang kaki) dan head room (ruang kepala) masih cukup nyaman untuk mereka yang memiliki tinggi 168 cm.

Adapun pada baris kedua fasilitas yang disajikan cukup minim, di mana tidak ada armrest dan lubang casan. Hanya ada cup holder pada konsol tengah serta sisi pintu kiri dan kanan.

Baris kedua All New Daihatsu AylaKompas.com/Nanda Baris kedua All New Daihatsu Ayla

Secara keseluruhan, kabin Daihatsu Agya menyajikan aura sporty dengan dominasi warna hitam. Mengingat mobil ini berstatus LCGC, memang tidak banyak fasilitas yang disajikan.

Baca juga: Suzuki Arak XL7 Hybrid ke 33 Kota, Konsumen Dapat Promo Khusus

Meski begitu, penyegaran yang ditampilkan dari generasi sebelumnya cukup menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang. Seperti head unit yang sudah dilengkapi dengan Android Auto dan Apple CarPlay, serta layout dasbor dan bentuk transmisi yang dibuat lebih modern.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com