Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Suara Mirip Ketipung di Mesin Diesel, Tanda Adanya Masalah Ini

Kompas.com - 14/06/2023, 17:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ada banyak ragam bunyi yang dihasilkan oleh mesin diesel ketika bekerja. Salah satunya suara ketukan yang menyerupai ketipung.

Bunyi tersebut seirama dengan putaran mesin. Artinya, makin tinggi rpm, maka makin cepat pula ketukan tersebut.

Pengulangan bunyi ketukan tersebut pelan saat stasioner, dan bersumber dari arah mesin bagian atas. 

Baca juga: Tidak Akan Ada Mobil Mesin Bensin atau Diesel di Indonesia Mulai 2050

Esa, Pemilik Bengkel Denso Esa Diesel Solo mengatakan, munculnya bunyi ketipung pada mesin diesel termasuk sebuah masalah.

“Beberapa kali kami menemukan kasus di area mesin terdengar bunyi ketipung, jika didengarkan secara seksama seperti udara bertekanan tinggi yang keluar, akibatnya suara mirip ketipung terdengar,” ucap Esa kepada Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Mesin Innova DieselInnova Community Mesin Innova Diesel

Menurut Esa, dari hasil pemeriksaan dari kasus serupa, pihaknya menemukan ada kerusakan yang cukup fatal.

Baca juga: Beli Truk Bekas Mitsubishi Colt Diesel 2015 Modal Rp 200 juta

Bahkan, masalah itu tidak terjadi pada mobil-mobil dengan usia pemakaian tertentu tapi mobil baru jalan beberapa ribu kilometer saja bisa terkena masalah tersebut.

“Pernah ada, padahal mobil baru, masih garansi, ada suara ketipung saat mesin bekerja, tentu itu tidak bisa dikatakan normal meski kondisinya baru,” ucap Esa.

Esa mengatakan, bunyi tersebut bersumber dari dudukan katup masuk dan buang yang berada di kepala silinder.

Innova diesel sedang ngebut mengelurkan asap knalpot berwarna hitam pekat seperti cumi-cumi.Tangkapan layar Innova diesel sedang ngebut mengelurkan asap knalpot berwarna hitam pekat seperti cumi-cumi.

“Dudukan katup tersebut keropos, sehingga katup tidak menapak dengan sempurna, akibatnya ketika piston bergerak antara langkah kompresi dan usaha timbul suara ketukan dari udara yang bocor,” ucap Esa.

Baca juga: Asap Knalpot Diesel Putih, Solusinya Tidak Harus Turun Mesin

Bunyi tersebut bisa menjadi tanda bahwa performa mesin menurun. Secara otomatis, kebocoran tekanan tersebut dapat merugikan karena tenaga mesin menjadi tidak optimal.

“Kepala silinder harus ganti dengan yang baru itu, atau ditambah daging lalu dicetak kembali bagi bengkel yang sanggup menanganinya,” ucap Esa.

Jadi, bila dari mesin diesel pada mobil Anda terdengar suara ketipung, segera bawa ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan. Karena kemungkinan besar ada masalah di kepala silindernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com