Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harus Minum Dexlite, Mitsubishi Colt Diesel Euro 4 Seken Kurang Laku

Kompas.com - 02/06/2023, 15:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com- Truk merupakan kendaraan niaga yang berperan penting dalam mengangkut berbagai muatan. Tak ayal, membeli truk seken atau bekas menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan unit dengan harga yang lebih miring.

Salah satu truk yang banyak dicari oleh pasar jual beli mobil bekas adalah Mitsubishi Fuso Colt Diesel. Pada pasar kendaraan niaga bekas, jenis truk Mitsubishi Colt Diesel terdiri dari standar Euro 3, Euro 2 atau bahkan yang paling baru ada Euro 4.

Euro sendiri merupakan standar emisi gas buang kendaraan dari Uni Eropa agar transportasi lebih ramah lingkungan.

Yudith Defian, pengelola Kudus Motor, mengatakan, truk Mitsubishi Colt Diesel Euro 3 dan Euro 2 merupakan jenis unit yang paling banyak dicari pasar kendaraan niaga seken.

Baca juga: Motor Kencang Bergaya Sport Touring dari BMW Tertangkap Kamera

“Truk Mitsubishi Colt Diesel itu perawatanya gampang. Namun yang Euro 4 itu kurang laku karena dari sisi pengusaha menimbulkan keluhan lantaran harus menenggak Dexlite. Lantaran lebih mahal dari bahan bakar solar, pemilik truk yang ingin kirim muatan harus mengeluarkan operasional kendaraan niaga lebih mahal,” kata Yudith kepada Kompas.com, Kamis (2/6/2023).

Yudith Defian, pengelola Kudus Motor KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Yudith Defian, pengelola Kudus Motor

Pria yang membuka showroom jual beli kendaraan niaga bekas di Jalan Raya Tajur, Bogor itu juga mengatakan, bila dipaksakan menggunakan solar biasa, ditakutkan akan membuat kendaraan jadi rewel.

Apalagi, untuk perawatan dari Mitsubishi Colt Diesel Euro 4 harus ke diler resmi tidak bisa ke bengkel umum.

“Kalau ada kerusakan sedikit , Colt Diesel Euro 3 ke bawah bisa diakalin ke bengkel tidak perlu ke diler. Jadi harga truk Mitsubishi Colt Diesel Euro 3 dan atau Euro 2 masih agak sedikit tinggi di pasar,” kata Yudith.

Baca juga: Tarif Resmi Perpanjangan SIM A per Juni 2023

Maka dari itu, Yudith juga mengatakan bila ada unit Mitsubishi Colt Diesel yang hendak dijual kepadanya akan ditanya terlebih dahulu keluaran tahun berapa. Bila di atas 2021 yang mana sudah berstandar Euro 4 dia tidak akan membeli unit tersebut untuk dijual kembali.

“Kalau saya dapat tawaran untuk membeli unit yang keluaran 2021, biasanya akan saya tanya dulu itu keluaran akhir atau tengah tahun. Bila keluaran akhir tahun 2021 artinya sudah berstandar Euro 4,” kata Yudith.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com