Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibiasakan Matikan Mesin Motor Matik Pakai Standar Samping

Kompas.com - 08/06/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor lansiran terbaru, khususnya jenis matik, biasanya sudah dilengkapi fitur mati otomotis saat standar samping diturunkan.

Hal ini dirasa sangat praktis dan efisien, karena mesin bisa mati tanpa harus memutar kunci kontak. Akan tetapi, apakah kebiasaan ini bisa menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan motor?

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, kebiasaan itu sejatinya tidak berbahaya, namun dia menganjurkan supaya hal tersebut tidak sering-sering dilakukan.

Alasannya adalah karena ada beberapa kendala yang mungkin bisa terjadi, yakni akibat teknis atau kekeliruan dari si pengemudi.

Baca juga: Tertutup Pohon, Banyak Pengendara Motor Terobos Lampu Merah

Sepeda motor diparkir menggunakan standar dua atau standar tengah.KOMPAS.com/Gilang Sepeda motor diparkir menggunakan standar dua atau standar tengah.

‘Dasarnya kan auto off pada motor itu fitur safety saja, semacam pengaman tambahan supaya saat standar diturunkan, mesin langsung mati. Jadi peruntukan utamanya bukan untuk mematikan motor seluruhnya,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (7/6/2023).

Satu hal yang harus digarisbawahi, fitur itu hanya menghentikan kerja mesin. Artinya, motor masih dalam keadaan menyala dan arus listrik masih berjalan selama kontak belum dimatikan.

Fitur yang bermanfaat itu justru bisa menjadi bumerang jika pengendara acuh dan kurang teliti.

Contoh kasusnya adalah, motor ditinggal setelah menurunkan standar, padahal posisinya masih menyala.

Baca juga: Lebih Dekat dengan New Vespa GTS yang Baru Saja Meluncur [Video]

Mekanik Bengkel Resmi Honda sedang memperbaiki kelistrikan sepeda motor.Dicky Aditya Wijaya Mekanik Bengkel Resmi Honda sedang memperbaiki kelistrikan sepeda motor.

“Nantinya bisa kena aki soak atau masalah kelistrikan lainnya, karena kan posisinya motor masih menyala, inilah repotnya. Jadi lebih ke sikap si pengendara saja,” ucapnya.

Anto menganjurkan pengendara motor untuk mengurangi kebiasaan memakai standar untuk mematikan motor. Sebaiknya, kontak diputar terlebih dahulu, barulah parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com