Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Dorong Fuso eCanter Segera Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 07/06/2023, 18:38 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya meningkatkan kerja sama pada sektor otomotif dengan sejumlah pabrikan Jepang, Kementerian Perindustrian melakukan kunjungan kerja ke Negeri Sakura untuk menjalin komunikasi intensif dengan beberapa pelaku industri.

Dilaksanakan sepanjang 5-7 Juni 2023, salah satu pabrikan kendaraan bermotor yang ditemui ialah Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation. Pada kesempatan tersebut, dibahas tentang rencana investasi menuju era elektrifikasi.

Melalui pertemuan itu, dijelaskan bahwa Mitsubishi sedang melakukan Proof of Concept (POC) di Indonesia dengan tujuan memperkenalkan eCanter pada masa mendatang.

Baca juga: Per Juni 2023, Sudah Ada 24 Bengkel Konversi Motor Listrik

Fuso eCanter di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Fuso eCanter di GIIAS 2022

"Kami mendukung upaya Fuso untuk memperkenalkan kendaraan niaga dengan teknologi elektrifikasi di Indonesia," kata Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulis, Rabu (7/6/2023).

Melalui pertemuan tersebut, ia pun berupaya mendorong agar Fuso bisa terus meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri pada proses perakitan, menambah lini produk maupun jenis kendaraan yang diproduksi di Indonesia.

Serta menjajaki pasar ekspor terutama ke negara-negara ASEAN serta Australia. Terlebih, Australia saat ini tidak memiliki industri otomotif.

Mengingat, ekspor Fuso dari Jepang ke Australia sepanjang tahun 2021 mencapai 4.196 unit yang meliputi 1.452 unit medium duty dan 2.744 unit light duty. Pada tahun 2022, angkanya meningkat menjadi 4.219 unit.

Baca juga: Mobil Listrik BMW i7 Sudah Dibekali Suara Buatan

Mitsubishi Fuso eCanter diuji coba konsumen di Bali pada Agustus 2022DOK. KTB Mitsubishi Fuso eCanter diuji coba konsumen di Bali pada Agustus 2022

"Pasar commercial vehicle di ASEAN dan Australia sangat besar. Pada tahun 2022 penjualan kendaraan jenis tersebut di ASEAN mencapai 1.212.885 unit dan untuk di Australia sebesar 303.741 unit," kata Agus.

Ia pun menekankan, Pemerintah Indonesia terus mendorong komitmen para pelaku industri otomotif asal Jepang untuk meningkatkan kandungan produk lokal, baik berupa suku cadang maupun komponen dalam proses manufaktur.

“Dengan begitu, industri otomotif bisa memperoleh insentif yang akan mendukung aktivitas bisnisnya di Indonesia,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com