Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Pebalap Formula E Jelang Jakarta E-Prix, Ban dan Baterai Jadi Fokus Utama

Kompas.com - 11/05/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang seri ke-10 dan ke-11 Formula E yang diadakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, pada 3-4 Juni 2023, ada persiapan khusus yang dilakukan oleh seluruh tim.

Persiapan tersebut berfokus pada penyesuaian kondisi ban dan baterai mobil untuk mengantisipasi suhu panas Jakarta.

Nick Cassidy, pebalap Tim Envision Racing menjelaskan, pihaknya akan berfokus pada dua jenis persiapan yakni persiapan fisik dan mobil.

Dirinya mengakui, kondisi cuaca dan iklim tropis di Indonesia yang bisa menyentuh suhu 37 derajat celcius atau 98 derajat fahreneit terbukti bisa menjadi tantangan tersendiri.

Baca juga: DJ Alan Walker Akan Buka Formula E Jakarta 2023

Ilustrasi pit lane balap Formula E.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi pit lane balap Formula E.

“Kami sangat memfokuskan persiapan pada 2 sektor, yakni kondisi pengemudi dan kondisi kendaraan jelang balapan di Jakarta,” ujap pebalap asal Selandia Baru itu kepada Kompas.com, Rabu (10/5/2023).

Untuk persiapan kondisi fisik, Nick mengaku jika dia akan melakukan langkah khusus untuk mencegah dehidrasi.

Dia mengakui pengalamannya pada Formula E Jakarta tahun lalu, (4/6/2022) kurang begitu bagus, di mana dia merasa sangat gerah dan berkeringat seusai balapan.

“Saya belum pernah berkeringat separah itu sepanjang hidup saya (saat Formula E Jakarta tahun lalu),” kata Nick.

Baca juga: Harga Tiket Formula E Sudah Normal, Ini Posisi Terbaik untuk Nonton

Suasana pit lane balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan mengikuti balapan Formula E, Sabtu (4/6/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Suasana pit lane balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Jumat (3/6/2022). Sebanyak 22 pebalap dari 11 tim akan mengikuti balapan Formula E, Sabtu (4/6/2022).

Persiapan kedua yakni pemeliharaan dan penyesuaian kondisi komponen mobil. Menurutnya, fokus utama akan dititikberatkan pada sektor baterai dan ban.

“Kondisi trek sirkuit (JIEC) bagus dan nyaman, hanya saja kami tidak tahu apa pengaruh cuaca terhadap sirkuit. Fokus utama kami ada pada komponen ban dan baterai,” kata dia.

Nick optimis bisa mempertahankan gelarnya yang berhasil menjuarai 2 balapan terakhir di Berlin Eprix II serta Monaco Eprix dan mengantongi poin penuh.

Sejauh ini, dirinya sukses bertengger sebagai pemuncak klasemen Formula E 2023 dengan mengantongi 121 poin dan tampil impresif sejak awal musim dengan meraih 4 kali podium dalam 5 balapan terakhirnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com