Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Diskon, Segini Tarif Tol Semarang-Jakarta saat Arus Balik Lebaran

Kompas.com - 25/04/2023, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga menambah diskon tarif Jalan Tol Trans Jawa sebesar 20 persen pada periode arus balik Lebaran. Semula diskon sudah berlaku, tapi hanya untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kini diskon akan berlaku dari Semarang sampai Jakarta, tepatnya dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, mengatakan, diskon tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus.

Baca juga: Jokowi Imbau Pemudik Kembali ke Jakarta Setelah 26 April 2023

Ilustrasi tol Trans JawaDok. PT Jasa Marga Ilustrasi tol Trans Jawa

"Bagi pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus (melakukan tap in) dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama," ujar Lisye, dalam keterangan tertulis (24/4/2023).

Menurutnya, pemberlakuan diskon untuk periode arus balik akan mulai diberlakukan pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Potongan diskon akan dilakukan di GT Cikampek Utama saja dan hanya untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta.

Baca juga: Video Mobil Nyaris Adu Banteng gara-gara Menyalip di Tikungan

"Perjalanan ini akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga, namun juga oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya,” ucap Lisye.

“Dimulai dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata dia.

Baca juga: Viral Video Kebakaran Nissan Grand Livina karena Peredam Panas

Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik Lebaran 2022.

Berikut ini besaran diskon tarif tol 20 persen untuk untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta:

- Kendaraan Golongan I: Semula Rp372.000 menjadi Rp 297.600, diskon sebesar Rp 74.400

- Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp 575.000 menjadi Rp 499.200, diskon sebesar Rp 75.800

- Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp 758.000 menjadi Rp 655.600, diskon sebesar Rp 102.400

- Adapun khusus untuk di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, diskon 20 persen hanya berlaku untuk kendaraan Golongan 1, sementara di ruas jalan tol lainnya berlaku untuk semua golongan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com