Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Puncak Arus Balik, Ada Diskon Tarif Tol Mulai 27-29 April 2023

Kompas.com - 23/04/2023, 15:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus balik mudik Lebaran diperkirakan terjadi pada 24 dan 25 April 2023. Masyarakat diminta mengatur waktu keberangkatan agar tidak terjebak macet lantaran meningkatnya jumlah kendaraan.

Untuk mengurai kepadatan arus balik, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, akan kembali memberikan diskon tarif tol Jakarta-Cikampek sebesar 20 persen, yang berlaku di dua Gerbang Utama (GT), yakni Cikampek Utama dan Kalihurip Utama.

Periode pemberian diskon tarif jarak terjauh Tol Jakarta-Cikampek sengaja diberlakukan di luar tanggal prediksi puncak arus mudik, yakni mulai 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Awas Arus Balik, Hindari Lonjakan Kendaraan pada 24-25 April 2023

Secara rinci, besaran diskon 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah :

  • Kendaraan Golongan I : Semula Rp 20.000 jadi Rp 16.000, diskon Rp 4.000
  • Kendaraan Golongan II dan III : Semula Rp 30.000 jadi Rp 24.000, diskon Rp 6.000
  • Kendaraan Golongan IV dan V : Semula Rp 40.000 jadi Rp 32.000, diskon Rp 8.000.

GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

Sebelumnya, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, diprediksi jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada H+1 samapi H+7 Lebaran mencapai 1,6 juta, naik 5,1 persen dari Lebaran 2022, dan naik 67,5 persen terhadap lalu lintas normal.

Baca juga: Tampil Minimalis, Intip Bus Baru PO Nyaman Holiday Garapan Laksana

Jumlah tersebut berasal dari empat GT Utama yakni, GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung). Sedangkan mayoritas akan berasa dari arah Timur, yakni Trans-Jawa dan Bandung.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

"Jika kenaikan di puncak arus balik diasumsikan sama dengan puncak arus mudik, yaitu naik sebesar 20 persen dari puncak arus balik Lebaran 2022, maka akan terjadi lonjakan arus balik sebanyak 203 ribu kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek dari arah Timur," kata Lisye, Minggu (23/4/2023).

Lisye juga menjelaskan, dengan adanya lonjakan tersebut, maka terdapat sejumlah ruas jalan tol yang akan memiliki VC (Volume per Capacity) Ratio (perbandingan antara volume yang melintas dengan kapasitas pada suatu ruas jalan tertentu) melebihi batas optimal yakni 0,8, dengan kecepatan kurang dari 40 kpj, yaitu Jalan Tol Palikanci, Jalan Tol Cipali dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 70 sampai Km 47.

"Hindari pulang bersamaan di hari Senin dan Selasa, 24 dan 25 April 2023. Bagi pengguna jalan yang masih diberikan kelonggaran melanjutkan periode mudiknya, dapat menggeser perjalanan dengan pilihan hari Rabu-Sabtu, 26-30 April 2023," kata Lisye.

Baca juga: Update, Buka Tutup Contraflow Diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek

Adanya pemberian diskon tarif tol, menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, efektif untuk mengurai distribusi kendaraan. Hal ini sudah dibuktikan ketika arus mudik Lebaran lalu.

Arus mudik Lebaran di GT Cikampek UtamaJASA MARGA Arus mudik Lebaran di GT Cikampek Utama

"Jasa Marga berbaik hati akan memberikan diskon tarif tol 20 persen. Karena terbukti pada arus mudik kemarin, dengan adanya diskon, pergerakan kendaraan tumbuh sekitar 12 persen, sehingga banyak masyarakat yang mudik lebih awal," kata Budi beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com