Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Imbau Pemudik Kembali ke Jakarta Setelah 26 April 2023

Kompas.com - 24/04/2023, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk menunda kepulangan ke Ibu Kota untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sekitar Tol Jakarta-Cikampek.

Menurutnya, volume kendaraan yang mudik pada beberapa hari yang lalu merupakan puncak arus mudik tertinggi sepanjang sejarah.

Jokowi bersyukur pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat serta peran masyarakat, dapat mengelola arus mudik dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Jawaban Honda soal Rumor Scoopy Pakai Mesin 160 cc

Arus balik Lebaran H+4, kepadatan kendaraan terjadi di Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Sejak Hari Raya Idul Fitri, Senin (2/5/20222) hingga Kamis (6/5/2022), Jasa Marga mencatat kendaraan yang keluar di Gerbang Tol Pasteur atau masuk ke Kota Bandung mencapai 140.305 kendaraan. jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 9,47 persen apabila dibandingkan dengan kondisi arus lalu lintas normal yang mencapai 127.848 kendaraan.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Arus balik Lebaran H+4, kepadatan kendaraan terjadi di Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Sejak Hari Raya Idul Fitri, Senin (2/5/20222) hingga Kamis (6/5/2022), Jasa Marga mencatat kendaraan yang keluar di Gerbang Tol Pasteur atau masuk ke Kota Bandung mencapai 140.305 kendaraan. jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 9,47 persen apabila dibandingkan dengan kondisi arus lalu lintas normal yang mencapai 127.848 kendaraan.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, sebanyak 203.000 kendaraan per hari dari arah timur jalan tol Trans Jawa dan dari arah Bandung diperkirakan akan melalui Tol Jakarta-Cikampek.

Padahal, jumlah normal yang biasa terjadi di ruas jalan tersebut sebanyak 53.000 kendaraan per hari.

“Untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus balik tanggal 24 dan 25 April 2023 secara bersamaan,” ujar Jokowi, disitat dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden (24/4/2023).

Baca juga: Tampil Minimalis, Intip Bus Baru PO Nyaman Holiday Garapan Laksana

“Pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut, dengan cara menunda atau mengundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 26 April 2023,” kata dia.

Jokowi juga mengatakan, ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI/Polri, dan BUMN, ataupun pegawai swasta.

“Teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing, seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya,” kata Jokowi.

“Bapak-ibu tetap hati-hati, patuhi semua aturan dan ikuti semua arahan petugas di lapangan,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com