Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Honda CBR250RR Tanpa Pengaman Kunci Tambahan

Kompas.com - 14/04/2023, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara motor sport fairing 250cc, tidak bisa melupakan jagoannya Honda, yakni CBR250RR. Motor sport dengan mesin dua silinder tersebut belum lama ini pun mendapatkan pembaruan.

Pada akhir 2022, update yang disematkan pada CBR250RR bisa dilihat secara eksterior maupun performa. Bodi luar diganti dengan yang lebih kekar, begitu juga di sisi suspensi dan tenaga mesin yang naik.

Tapi, dari awal meluncur, Honda tidak menyematkan sistem pengaman ganda pada rumah kunci. Padahal di seri skutik maupun sport 150cc, biasanya ada pengaman magnetis yang bisa mengurangi risiko dibobol maling.

Baca juga: Honda CBR250RR Sudah Cukup buat di Indonesia

New Honda CBR250RR hadir dengan berbagai peningkatan yang membuatnya lebih nyaman dikendarai buat penikmat kecepatan.KOMPAS.com/Gilang New Honda CBR250RR hadir dengan berbagai peningkatan yang membuatnya lebih nyaman dikendarai buat penikmat kecepatan.

Lalu kenapa di segmen motor sport 250cc Honda tidak menyematkan fitur pengaman tersebut?

Octavianus Dwi, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, fitur keamanan terutama pada rumah kunci dirasa belum diperlukan, tapi bisa jadi masukan ke depannya.

"Sejauh ini, di segmen itu (sport 250cc) memang unik. Konsumen enggak mau overshoot di dalam hal beberapa fiturnya," ucap Octavianus di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Mudik ke Daerah Pegunungan, Pengemudi Harus Paham Teknik Engine Brake

Bisa dikatakan, konsumen tidak melihat dari sisi fitur keamanan terutama di bagian kunci. Bisa saja di segmen tersebut, sisi tampilan dan performa jadi yang paling diutamakan para pembeli.

"Mereka butuh personalized, segala macam. Masukan boleh, kita akan consider," ucap Octavianus.

Berkaca ke motor gede (moge) Honda, memang tidak menggunakan sistem pengaman magnetis di rumah kuncinya. Tapi disemaktkan sistem yang namanya Honda Ignition Security System (HISS).

Secara sederhana, HISS menjadi sistem anti-maling yang memakai immobilizer. Jadi sudah terhubung dengan ECU ketika kunci dipasang maupun dicabut dari rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com