Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Siapkan 616 SPKLU buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 14/04/2023, 03:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT PLN (Persero) memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah lokasi untuk melayani pengguna mobil listrik pada periode arus mudik dan balik lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, mengatakan, PLN telah menyiapkan sebanyak 616 SPKLU yang tersebar pada 237 lokasi di seluruh Indonesia.

“Kami siap mendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik agar tetap nyaman saat mudik. Seluruh SPKLU siap untuk melayani pengguna mobil listrik saat mudik,” ujar Darmawan, dalam keterangan tertulis (13/4/2023).

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Berangkat Mudik Malam Hari atau Pagi Hari?

Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.

Paling baru, PLN mendirikan SPKLU merupakan jenis fast charging dengan kapasitas 50 kilo Watt (kW) di Pelabuhan Merak, agar pemudik dengan mobil listrik yang ingin menyeberang menuju Bakauheni atau sebaliknya tak perlu khawatir melakukan pengisian daya.

Selain itu, untuk memudahkan pengguna mobil listrik saat periode mudik juga, ada 9 SPKLU tersebar di rest area sepanjang tol Trans Jawa dan 6 SPKLU di rest area tol Trans Sumatera.

“Para pemudik dengan mobil listrik kini tidak perlu khawatir kehabisan daya dan dapat melakukan charging saat mudik, SPKLU PLN tersebar di titik-titik strategis jalur mudik,” ucap Darmawan.

Baca juga: Mudik ke Daerah Pegunungan, Pengemudi Harus Paham Teknik Engine Brake

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Abdul Mukhlis, mengatakan, selain di Merak, PLN juga menyiapkan 12 SPKLU bagi pemudik mobil listrik yang melintasi wilayah Provinsi Banten.

Ke-12 SPKLU ini tersebar di Sosoro Mall, PLN UP3 Banten Utara, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Terrace 8 Suvarna Sutera, PLN UP3 Cikupa, dan Mall Ciputra Tangerang.

Kemudian, SPKLU juga tersedia di Supermall Karawaci, Apartemen Aeropolis, Tangerang City, PLN UID Banten, AEON, dan di Rest Area Pinang KM 13,5.

“PLN UID Banten bersiaga 24 jam selama periode mudik lebaran. Selain itu, kami siap mendukung pemudik dengan kendaraan listrik agar tetap nyaman dengan bersiaga pada 12 titik SPKLU yang tersebar di Provinsi Banten,” kata Abdul Muklis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com