Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulasi Mudik Pakai Daihatsu All New Xenia, Tangki Penuh Berapa Km?

Kompas.com - 14/04/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan Low-MPV memang bisa diandalkan jadi mobil untuk mudik. Punya kapasitas tujuh penumpang dan bagasi yang relatif lega, LMPV masih jadi primadona saat pulang ke kampung halaman.

Bicara soal LMPV, jangan lupakan produk dari Daihatsu, yakni Xenia. Mobil yang jadi kembaran Toyota Avanza ini sekarang punya generasi paling baru, berubah total dari desain, konfigurasi penggerak, dan sebagainya.

All New Xenia yang kini sudah menggunakan penggerak roda depan diklaim lebih efisien dari generasi sebelumnya. Oleh karena itu, redaksi mau cari tahu seberapa jauh Xenia bisa melaju dengan kondisi tangki BBM penuh sampai habis.

Baca juga: Avanza - Xenia Seken Laris Manis, buat Dipakai Mudik Lebaran

Modifikasi Daihatsu Xeniadok Oggy Himawan Modifikasi Daihatsu Xenia

Untuk mendapatkan jarak yang bisa ditempuh sekali jalan, redaksi akan mengkalikan kapasitas tangki BBM Xenia dengan konsumsi BBM-nya.

Secara spesifikasi di atas kertas, Xenia punya kapasitas tangki sebesar 43 liter. Sedangkan untuk konsumsi BBM, redaksi mengambil data dari pengetesan yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Untuk rute luar kota, redaksi mencatatkan Xenia memiliki konsumsi BBM 17,2 Km per liter. Artinya, satu liter BBM bisa membuat Xenia berjalan sejauh 17,2 Km.

Baca juga: Hindari Kemacetan, Masyarakat Disarankan Mudik mulai Hari Ini


Kemudian, untuk mendapatkan jarak tempuh, maka 43 liter dikali dengan 17,2 Km per liter. Hasilnya, dalam perjalanan dengan satu tangki penuh, Xenia bisa melaju sejauh 739,6 Km.

Perlu diingat, hasil konsumsi BBM berdasarkan pengetesan yang kami lakukan bisa berbeda dengan kondisi mudik nanti. Mengingat saat mudik, mobil cenderung diisi penuh dengan penumpang dan barang, bobot yang bertambah memengaruhi keiritan kendaraan.

Apalagi nanti kondisi jalan yang dilewati banyak kombinasinya. Mungkin ada kalanya sepi, atau terjebak macet panjang, sampai naik-turun bukit yang tentunya bisa memengaruhi konsumsi BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com