Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Baru Toyota, Mau Jual 1,5 Juta Unit BEV Mulai 2026

Kompas.com - 11/04/2023, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Carscoops


TOKYO, KOMPAS.com - Toyota meluncurkan strategi elektrifikasi baru di bawah kepemimpinan Presiden Koji Sato yang menggantikan Akio Toyoda pada 1 April 2023.

Meski Toyota tetap berencana untuk terus menawarkan berbagai jenis powertrain, kali ini Toyota lebih menekankan pada pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai alias BEV dibandingkan dengan manajemen sebelumnya.

Baca juga: Mobil Listrik Murah Citroen Meluncur Tahun Depan

Dilansir dari Carscoops, pendekatan "multi pathway" ini mencerminkan komitmen Toyota untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan sekaligus memajukan solusi mobilitas yang berkelanjutan.

Toyota berencana meluncurkan 10 kendaraan listrik murni alias battery electric vehicle (BEV) pad tahun 2026. Hal ini dilakukan dengan tujuan memperluas jangkauan kendaraan litsirk yang telah lama dikuasai oleh para pesaingnya. 
Doc Carscoops Toyota berencana meluncurkan 10 kendaraan listrik murni alias battery electric vehicle (BEV) pad tahun 2026. Hal ini dilakukan dengan tujuan memperluas jangkauan kendaraan litsirk yang telah lama dikuasai oleh para pesaingnya.

Selama presentasi, Sato mengumumkan bahwa Toyota berencana meluncurkan 10 mobil listrik bertenaga baterai (BEV) pada 2026, dengan tujuan memperluas jangkauan nol emisi perusahaan secara signifikan.

Meski Toyota tidak menyebutkan target sebelumnya untuk menjual 3,5 juta BEV per tahun pada 2030, perusahaan memperkirakan akan menjual 1,5 juta BEV per tahun pada tahun 2026.

Di antara jajaran mobil listrik baru Toyota, dipercaya pabrikan akan mengembangkan SUV 3 baris baru yang akan datang pada 2025 yang akan diproduksi di AS, dengan baterai yang bersumber dari pabrik Carolina Utara.

Baca juga: Toprak Razgatlioglu Bakal Tes Yamaha YZR-M1 MotoGP di Jerez

Toyota Prius generasi terbaru di Bangkok Motor Show 2023KOMPAS.com/Aditya Maulana Toyota Prius generasi terbaru di Bangkok Motor Show 2023

Toyota juga mengembangkan dua EV baru untuk China yang akan diluncurkan pada 2024, bergabung dengan SUV bZ4X dan sedan bZ3 di pasar lokal.

Ada juga EV kecil dan truk pikap elektrik untuk Asia dan pasar negara berkembang lainnya yang dipradiksi akan memasuki produksi pada akhir tahun 2023.

Selain itu ditengarai Toyota juga mempertimbangkan beberapa mobil konsep, termasuk Tacoma EV, Crown EVs, dan bZ Compact SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com