Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil yang Akan Dipakai Mudik Wajib Ganti Oli Mesin?

Kompas.com - 10/04/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli mesin menjadi cairan pada mobil yang wajib diperiksa kualitasnya sebelum perjalanan mudik. Dengan oli yang berkualitas diharapkan komponen tetap terjaga selama mobil dipacu dalam perjalanan.

Pastikan volume oli mesin cukup, levelnya berada di antara batas minimal dan maksimal di dipstick oli mesin. Selain volume, kualitas oli juga wajib diperiksa jangan sampai oli mengandung air, mengental, berlumpur atau mengandung serbuk logam.

Jika volume dan kualitas oli sudah menurun, maka penggantian pelumas mesin wajib dilakukan, tapi bila semua masih baik apa perlu ganti oli mesin?

Baca juga: Bolehkah Ganti Oli Mesin Sampai Melewati Batas Waktu?

Jadwal pergantian oli gardan dilakukan 40 ribu kilometer Dicky Aditya Wijaya Jadwal pergantian oli gardan dilakukan 40 ribu kilometer

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan penggantian oli mesin tetap menyesuaikan waktunya saja, sehingga kalau belum waktunya tidak perlu diganti.

“Penggantian oli mesin bisa mengikuti periode servicenya saja, 6 bulan atau 10.000 Km mana yang tercapai terlebih dahulu, jika sudah waktunya maka oli mesin wajib diganti, bisa di perjalanan atau setelah sampai kota tujuan ataupun sebelum keberangkatan,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Dia mengatakan kualitas oli mesin memang wajib dalam kondisi prima, tapi kalau belum jadwalnya ganti oli mesin tidak perlu dilakukan.

Baca juga: Pentingnya Ganti Oli Mobil Sebelum Mudik Lebaran

General ServiceDicky Aditya Wijaya General Service

Pemilik INF Auto Service Depok Fendi Pamungkas mengatakan, penggantian oli wajib dilakukan bila memang sudah waktunya.

“Sesuaikan dengan jadwal penggantian oli, setiap 5.000 Km atau 3 bulan, kami merekomendasikan lebih maju dari ketentuan diler per 10.000 Km atau 6 bulan, karena menyesuaikan kondisi jalan di perkotaan,” ucap Fendi.

Dia mengatakan rata-rata kondisi jalan di perkotaan banyak dijumpai kemacetan yang cukup parah, sehingga penggantian oli mesin perlu dilakukan lebih dini.

Baca juga: Setiap Berapa Kilometer Mobil Matik Harus Ganti Oli CVT?

“Bagaimanapun, memastikan kualitas oli mesin sebelum perjalanan mudik memang penting, makanya perlu diperiksa, jika sudah mendekati waktunya ganti langsung saja ganti,” ucap Fendi.

Jadi, penggantian oli untuk mobil yang digunakan mudik perlu disesuaikan dengan jadwal periodiknya, tidak mewajibkan setiap mobil yang akan digunakan mudik harus ganti oli mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com