Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Indonesia Jadi Basis Produksi SUV Ringkas XFC Concept

Kompas.com - 10/04/2023, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita mengungkapkan bahwa Indonesia akan menjadi basis produksi untuk sport utility vehicle (SUV) ringkas hasil pengembangan XFC Concept.

Dengan begitu, Indonesia akan jadi pemasok utama untuk beberapa kawasan salah satunya ASEAN. Sama seperti model Mitsubishi Xpander yang saat ini sudah diekspor ke Thailand, Filipina, sampai Vietnam.

"Benar (Indonesia akan menjadi base production untuk SUV kompak baru dari Mitsubishi). Kita akan mulai ekspor ke beberapa negara di Asia yang mungkin, dilakukan tahun depan. Tapi saya belum bisa pastikan waktunya," kata Kurita kepada Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Bocor, Mitsubishi Xpander Hybrid Meluncur di Thailand Duluan

Mitsubishi XFC Concept dipamerkan di SurabayaDok. MMKSI Mitsubishi XFC Concept dipamerkan di Surabaya

"Pastinya setelah kita luncurkan dan melihat permintaan di pasar domestik ini, barulah kita memulai ekspor," tambah dia.

Kurita melanjutkan, saat ini pihak perseroan tengah membersiapkan berbagai aspek untuk bisa memproduksi dan memperkenalkan SUV anyar terkait jelang akhir 2023.

Produk tersebut, walau belum bisa disebutkan nama dan spesifikasinya, akan menjadi gebrakan terbaru Mitsubishi untuk Indonesia. Sebab dari sisi harga, disebut bakal bersaing.

"Pasar di Indonesia, MPV masih dominan. Tapi untuk beberapa negara di Asia dan Eropa, mereka lebih memilih kendaraan yang lebih kecil untuk keluarga," kata Kurita.

"Dengan melihat perkembangan di luar, saya yakin segmen SUV ini akan terus berkembang di Indonesia. Oleh karena itu kita punya strategi untuk masuk ke segmen tersebut dengan meluncurkan produk baru," ucap dia lagi.

Baca juga: Daftar Tarif Sewa Mobil SUV buat Lebaran, Fortuner Rp 1,5 Jutaan

Foto stok: Mitsubishi XFC ConceptKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mitsubishi XFC Concept

Dalam kesempatan terpisah Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan PT MMKSI Tetsuhiro Tsuchida mengatakan, kendaraan dimaksud akan menantang Honda HR-V yang dipasarkan dengan harga Rp 375,9 jutaan.

"Saya tidak bisa katakan lebih jauh, tetapi nanti tidak terlalu murah dan tentu tak begitu mahal. Mungkin akan bersaing dengan HR-V," ucapnya.

Diketahui, debut perdana XFC Concept di Indonesia dilakukan di lantai pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar sepanjang 16-26 Februari 2023 lalu.

Mitsubishi menyebutkan bahwa mobil tersebut menggabungkan aura SUV yang kompak tapi kuat. Bagian grille nampaknya akan dibuat cukup besar tepat di bawah logo tiga berlian.

Dilihat dari sisi samping, jarak terendah ke tanahnya cukup tinggi yang menguatkan karakter SUV.

Sedangkan spion, mengandalkan kamera. Lekuk bodinya membuat mobil jadi terkesan kekar. Apalagi, didukung dengan kaki-kaki yang cukup besar.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Bus AKAP Jakarta – Medan Jelang Mudik Lebaran

Interior Mitsubishi XFC Concept.Dok. Mitsubishi Interior Mitsubishi XFC Concept.

Pelek dengan diameter 16 inci atau 17 inci jadi pilihan paling tepat untuk SUV kompak. Pada bagian belakang, lampunya masih terlihat ada kemiripan dengan Xpander.

Sementara pada bagian atas, terdapat spoiler yang memberikan kesan sporty. Pada bumper belakang, terlihat juga ada DRL model heksagon yang menghiasi.

Beralih ke bagian kabin, tata letaknya tak jauh berbeda dengan mobil zaman sekarang. Dua layar full digital yang cukup besar menghiasi bagian dasbor. Sementara konsol tengah, digunakan untuk tuas persneling.

Setirnya sendiri model flat bottom dan pastinya akan dilengkapi juga dengan berbagai tombol multifungsi.

XFC Concept juga disebutkan dibekali dengan empat mode berkendara, yakni Normal, Gravel, Mud, dan Wet. Mode ini dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara ASEAN, seperti memungkinkan pengendaraan yang aman, bahkan di jalan yang dibanjiri hujan tiba-tiba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com