Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Ikut Program Kirim Motor Gratis Pakai Kereta Api 2023

Kompas.com - 10/04/2023, 09:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menggelar program Motor Gratis (Motis) guna mendukung Angkutan Lebaran 2023.

Motis 2023 melayani tiga lintas pelayanan diantaranya: Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang, Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari dan Lintas Selatan dengan rute Kiaracondong - Purwosari.

Adapun pendaftaran program motis 2023 telah dimulai sejak 1 Maret - 3 Mei 2023. Kemudian, motor akan diangkut ke lokasi tujuan pada tanggal 11 - 20 April dan angkutan balik dilaksanakan pada tanggal 25 April - 4 Mei 2023.

Baca juga: PO White Horse Luncurkan 10 Unit Bus Anyar

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono mengatakan, bagi yang berminat mengikuti program ini, peserta harus mendaftar secara online melalui laman mudikgratis.dephub.go.id untuk menghindari kehabisan kuota.

“ Sementara pelayanan pada Posko Motis 2023 dilakukan untuk verifikasi data pada jam operasional posko, yaitu pukul 09.00-17.00,” kara Djarot kepada Kompas.com, Minggu (10/4/2023).

Suasana pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Suasana pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang

Djarot juga mengimbau kepada para peserta Motis 2023 agar motor yang akan didaftarkan sesuai dengan ketentuan.

Ketentuan yang di maksud adalah dengan kapasitas mesin di bawah 200 cc dan memiliki kelengkapan dokumen kendaraan untuk menghindari ditolaknya pendaftaran.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Bus AKAP Jakarta – Medan Jelang Mudik Lebaran

Lalu, bawa dokumen pribadi lengkap (KTP, KK, SIM C) saat proses verifikasi untuk menghindari pemalsuan data. Jika data terbukti tidak sesuai, akan dapat berdampak kepada pembatalan permohonan.

“Setiap 1 kuota motor difasilitasi 2 kuota tiket penumpang seharga Rp 10.000 - Rp 20.000 yang harus didaftarkan dengan nama yang sama dengan yang terdaftar pada Program Motis 2023. Jika kuota penumpang dirasa kurang, dapat menggunakan alternatif angkutan mudik lain yang masih tersedia,” kata Djarot.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com