Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Berapa Kilometer Mobil Matik Harus Ganti Oli Transmisi?

Kompas.com - 27/03/2023, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Oli transmisi mobil matik untuk model automatic transmission (AT) menggunakan oli khusus yang biasa disebut automatic transmission fluid (ATF). Berbeda dengan oli-oli lainnya, spesifikasi ATF tidak dipatok berdasarkan viskositas namun menggunakan formula khusus.

Tidak hanya sebagai pelumas, ATF juga berfungsi sebagai fluida pentransfer gaya. Sehingga, cairan ini memiliki fungsi ganda yang harus senantiasa dijaga kualitasnya. Jika tidak, maka kerusakan transmisi AT adalah risikonya.

Lantas, tiap berapa kilometer mobil harus ganti oli transmisi matik AT ini?

Baca juga: Setiap Berapa Kilometer Mobil Manual Harus Ganti Oli Transmisi?

Ilustrasi oli transmisi AT dan CVTKompas.com/Donny Ilustrasi oli transmisi AT dan CVT

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan penggantian oli matik bisa mengikuti buku panduan kepemilikan kendaraan, di sana tertulis jadwal penggantian untuk pemakaian normal dan berat.

“Untuk pemakaian normal, penggantian oli transmisi matik model AT per 100.000 Km, sedangkan untuk pemakaian berat tiap 40.000 Km sebaiknya diperiksa kualitasnya, atau wajib diganti tiap 80.000 Km,” ucap Eko kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

Dia mengatakan kondisi berat yang dimaksud sudah dijelaskan dengan rinci di buku pedoman kepemilikan, sehingga bisa dibaca lebih teliti.

Baca juga: Kenali Fenomena Oli Transmisi Matik Bercampur dengan Air

Cek kondisi oli matik Dicky Aditya Wijaya Cek kondisi oli matik

 

“Seperti kendaraan mengangkut beban berat, putaran mesin tinggi secara konstan lebih dari 2 jam, dan lain-lain, itu membuat interval penggantian oli transmisi matik maju dari biasanya,” ucap Eko.

Foreman Kia Bintaro Asrofi mengatakan penggantian oli transmisi matik AT lebih dini lebih baik, tapi diler sudah menentukan patokan maksimalnya.

“Setiap 80.000 Km oli transmisi matik AT pasti diperiksa, jika sudah memburuk akan disarankan untuk diganti, karena banyak kasus transmisi matik rusak akibat menurunnya kualitas ATF, jadi sudah tidak per 100.000 Km lagi seperti yang tertuang di buku panduan servis,” ucap Asrofi kepada Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai, Kapan Ganti Oli Transmisi Matik?

Jadi, penggantian oli transmisi matik model AT patokan normalnya tiap 100.000 Km, namun dalam kondisi tertentu perlu dimajukan untuk menghindari kerusakan atau dengan melakukan pemeriksaan terlebih dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com