Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Bau Bensin Bisa Masuk ke Dalam Kabin Mobil

Kompas.com - 02/04/2023, 15:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sedang berkemudi, kadang ada masaalah seperti bau bensin yang masuk ke bagian dalam kabin mobil.

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, pengemudi yang menjumpai masalah ini tidak perlu panik dan tetap tenang.

Menurut dia, boleh jadi kabin berbau bensin diakibatkan oleh sebab yang sepele dan mudah ditangani.

“Kadang-kadang saat mengisi BBM sampai penuh, ada sisa-sisa bensin yang luber dan keluar lewat lubang pembuangan. Kalau lubernya terlalu banyak, bensin bisa menguap dan baunya masuk ke kabin,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Bisa Boros BBM

Puluhan mobil truk mengantre bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sabtu (17/12/2022).KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Puluhan mobil truk mengantre bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sabtu (17/12/2022).

Jika situasinya hanya sekedar bensin luber, seharusnya aroma bensin di kabin mobil bisa cepat hilang dan menguap dalam hitungan jam.

Akan tetapi, jika bau bensin masih belum menghilang setelah beberapa jam, pengemudi disarankan segera mendatangi bengkel untuk melakukan servis.

“Masalah lain yang mungkin terjadi adalah filter bensin tidak rapat. Akibatnya, bensin bisa merembes dan menguap,” kata Noval.

Karena filter dan tangki bensin berada tepat di bawah jok penumpang, uapnya bisa menembus dan memasuki ruang kabin.

Baca juga: Pahami Eco Driving, Cara Mengemudi Hemat BBM

Fuel pump bisa rusak bila tangki bensin dalam kondisi tiris terus menerus- Fuel pump bisa rusak bila tangki bensin dalam kondisi tiris terus menerus

Noval kembali menjelaskan, kendala kabin bau bensin bukanlah kendala yang serius, asalkan pengemudi cermat dan cepat melakukan penaganan servis.

“Ini kendala yang sangat bisa diobati, yang penting sesegera mungkin membawa mobil ke bengkel servis,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com