Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Memastikan Kualitas Onderdil Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Kompas.com - 01/04/2023, 18:02 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Perjalanan jauh menggunakan mobil membutuhkan persiapan yang matang. Salah satunya melakukan peremajaan pada komponen mobil yang mulai rusak agar selama perjalan tetap aman dan nyaman.

Termasuk pemilihan onderdil untuk mobil, harus dipastikan memiliki kualitas yang baik, karena banyak suku cadang mobil dengan beragam kualitas di pasaran.

Lantas, onderdil apa saja yang wajib diperhatikan kualitasnya sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil?

Baca juga: Tipe Ban yang Cocok untuk Perjalanan Jauh

Contraflow To Jakarta-Cikampek, Sabtu (30/4/2022).Jasa Marga Contraflow To Jakarta-Cikampek, Sabtu (30/4/2022).

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, perjalanan jauh merupakan kondisi mobil menerima beban jalan dalam waktu yang panjang sehingga segala sesuatunya perlu diperhitungkan, terutama kualitas onderdil.

“Yang utama adalah oli, pastikan oli mesin dan transmisi yang berkualitas, setidaknya mengikuti rekomendasi dari pabrikan, dalam perjalanan mungkin saja bisa terkena macet yang mempengaruhi kekentalan oli mesin,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (1/4/2023).

Ibrohim mengatakan, minyak rem perlu diperhatikan kualitasnya, karena perjalanan jauh mungkin saja akan membuat rem bekerja lebih keras.

Baca juga: Pantang Diabaikan, Ini 4 Fungsi Utama Ban Mobil

pencampuran coolant dengan airKompas.com/Erwin Setiawan pencampuran coolant dengan air

“Minyak rem harus yang berkualitas agar saat macet dan menanjak mampu menahan suhu tinggi, langkah ini demi menekan kemungkinan terjadinya rem blong karena vapour lock,” ucap Ibrohim.

Selanjutnya cairan radiator yang juga harus dijaga kualitasnya, mengingat medan jalan yang panjang membutuhkan kerja mesin yang lebih lama.

“Dengan air radiator yang berkualitas, maka suhu ideal mesin diharapkan tetap terjaga saat macet dan putaran tinggi,” ucap Ibrohim.

Baca juga: 123,8 Juta Orang Diprediksi Melakukan Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Ban juga sempat disinggung oleh Ibrohim, karena komponen ini sebagai penopang beban mobil dan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Pengecekan permukaan ban mobil sebelum mudik LebaranBridgestone Pengecekan permukaan ban mobil sebelum mudik Lebaran

“Jangan asal keliatan baru, perlu dilihat tahun produksinya sebab trek bisa saja panjang, sehingga pengendara cenderung memacu mobil dengan kencang, ban yang tahun produksinya baru akan lebih aman saat mobil menghajar lubang,” ucap Ibrohim.

Jadi, ada beberapa komponen mobil yang penting untuk dijaga kualitasnya, meski secara keseluruhan semua onderdil memiliki peran yang tidak bisa disepelekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com