Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Suzuki Ungkap Alasan Sebenarnya Keluar dari MotoGP | Mobil Baru Suzuki di Indonesia Modelnya SUV?

Kompas.com - 11/12/2022, 07:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki resmi pamit dari MotoGP pada akhir musim 2022. Padahal, kontraknya dengan Dorna Sports masih sampai akhir 2026.

Sebagian pihak menyebutkan bahwa Suzuki hengkang dari MotoGP karena masalah finansial. Bahkan, tak hanya dari MotoGP saja, tapi semua kegiatan balap roda dua Suzuki. 

Namun, ternyata ada hal lain yang melatarbelakanginya. Disebutkan bahwa Suzuki akan fokus untuk meraih netralitas karbon.

Selain itu, Sport Utility Vehicle (SUV) memang sedang tren secara global. Bahkan beberapa pabrikan sudah memiliki lini produk SUV yang lengkap, dari SUV medium sampai Compact SUV.

Suzuki misalnya memiliki Jimny, Across yang berbasis Toyota Rav4, Vitara Brezza dan Grand Vitara.

Sayangnya selain Jimny, SUV yang disebutkan tadi belum masuk ke Indonesia. Rencananya di 2023, Suzuki Indomobil Sales akan memboyong beberapa

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 10 Desember 2022

1. Suzuki Ungkap Alasan Sebenarnya Keluar dari MotoGP

"Salah satu alasannya adalah investasi di netralitas karbon. Ini bukan hanya tentang elektrifikasi. Suzuki sekarang ini memeriksa berbagai opsi," ujar Marketing Group Manager Suzuki Nobuo Fujii, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (10/12/2022).

Direktur Motor Suzuki UK Paul de Lusignan, mengatakan, keluar dari MotoGP adalah tentang menggunakan sumber daya untuk mengklarifikasi motor apa yang Suzuki butuhkan untuk dikembangkan dengan netralitas karbon. Sehingga, dapat memenuhi ketentuan hukum dan masyarakat.

Baca juga: Suzuki Ungkap Alasan Sebenarnya Keluar dari MotoGP

2. Mobil Baru Suzuki di Indonesia Modelnya SUV?

Suzuki akhirnya meluncurkan generasi kelima Grand Vitara di India, kini hasil kolaborasi dengan Toyota dan punya mesin hybrid. Maruti Suzuki Suzuki akhirnya meluncurkan generasi kelima Grand Vitara di India, kini hasil kolaborasi dengan Toyota dan punya mesin hybrid.
"Perkenalan produk baru, kami cukup siap. Ada beberapa produk yang kami siapkan di 2023, beberapa (artinya) lebih dari dua," ucap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di Jakarta, Sabtu (10/12/2022). Kalau melihat tren di luar negeri, SUV memang sedang naik daun. Tapi di Indonesia, Suzuki akan tetap menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Kami di Suzuki sendiri tentu akan memberikan produk yang sesuai dengan keinginan pasar di Indonesia. Kalau pasar di Indonesia sendiri membutuhkan produk dengan tren yang sama dengan global (SUV), itu yang akan kami coba untuk akomodasi," ucap Donny.

Baca juga: Mobil Baru Suzuki di Indonesia Modelnya SUV?

3. Bocoran Mobil Baru Suzuki yang Meluncur Tahun Depan

Suzuki AcrossDoc Carscoops Suzuki Across

Menjelang 2023 memang isu mengenai resesi banyak beredar. Tapi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap percaya diri menghadapi 2023, salah satu persiapannya adalah dengan menghadirkan berbagai produk baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com