Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Cepat Kusam bila Sering Kena Sinar Matahari

Kompas.com - 09/08/2022, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat mobil yang menawan memang perlu dijaga agar keindahan mobil tetap tampak. Salah satunya dengan memoles atau sekadar mencuci.

Namun, kebanyakan orang juga beranggapan bahwa cat mobil bisa dijaga dengan tidak sering memarkir mobil di bawah terik matahari secara langsung,

Katanya, sinar matahari lama-lama bisa membuat cat mobil kusam. Apakah benar demikian adanya?

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 3 Manfaat Coating pada Kendaraan

Proses pemasangan produk pelapis cat (coating) kendaraan di Topcoat Lampung, Kamis (16/6/2022). Coating ini diklaim seperti daun talas, dimana semua jenis cairan tidak akan menempel.KOMPAS.com/DOK. Topcoat Lampung Proses pemasangan produk pelapis cat (coating) kendaraan di Topcoat Lampung, Kamis (16/6/2022). Coating ini diklaim seperti daun talas, dimana semua jenis cairan tidak akan menempel.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, sinar matahari langsung dapat merusak cat mobil, bahkan disarankan untuk parkir mobil di tempat yang teduh.

“Jangan parkir mobil di bawah terik matahari, nanti cat mobilnya cepat kusam, sebelum terlambat sebaiknya kebiasaan itu diubah,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (8/8/2022).

Dia mengatakan, sinar matahari cukup kuat, bahkan beberapa cat mobil yang kualitasnya rendah bisa mengalami kerusakan. Kecuali, mobil tersebut sudah dilindungi dengan cat tambahan di luar pabrikan.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Paint Protection Film dan Coating

Posisi Parkir Mobil di Lahan ParkirDicky Aditya Wijaya Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir

Sementara itu, pemilik King Protection Ari Wijaya mengatakan, cuaca bisa membuat cat mobil kusam, baik itu panas matahari maupun hujan.

“Cat mobil yang tidak terlindungi bisa cepat kusam bila terkena hujan-panas. Maka dari itu, cat mobil perlu dilindungi dengan pelapis, salah satunya yaitu coating,” ucap Ari kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, cat mobil tanpa perlindungan masih memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga mudah kusam bila kena sinar matahari dan hujan.

Dia juga menjelaskan, dengan teknologi nano ceramic maka pori-pori cat akan terisi sehingga senyawa penyusun warna lebih terlindungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com