Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Paint Protection Film dan Coating

Kompas.com - 08/04/2021, 14:11 WIB
Paint Protection Film (PPF) V-Kool Paint Protection Film (PPF) V-KoolPaint Protection Film (PPF) V-Kool

JAKARTA, KOMPAS.com - Melindungi cat mobil kesayangan dalam waktu panjang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu coating dan paint protection film (PPF). Keduanya mampu melindungi cat dan kilap mobil menggunakan bahan dan teknik yang berbeda.

Chief Operating Officer PT V-Kool Indo Lestarri Lianto Winata mengatakan, selama ini masih banyak masyarakat yang belum paham perbedaan antara PPF dan coating.

"Banyak yang menggangap coating dan PPF itu sama, padahal jelas berbeda. Coating itu menggunakan bahan kimia pada bodi, contoh seperti waxing atau nano ceramic. Sementara kalau PPF itu kita benar-benar melapisi bodi dengan plastik yang tebal dan bening, makanya dikenal juga dengan istilah laminating," ucap Lianto dikutip dari rilis resmi, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Kia Sonet 7-Seater Resmi Meluncur di Indonesia

Meski tidak setenar coating, PPF kini juga banyak digemari oleh kalangan otomotif. Hal ini lantaran PPF mampu melindungi mobil dari goresan benda tajam seperti kerikil dan benturan.

Selain itu, PPF juga bisa mempertahankan warna mobil tetap indah dan membuat mobil terlihat kilap wet-look untuk waktu yang lama.

Lantas apa sesungguhnya yang membedakan coating dan PPF?

PPF berfungsi untuk melindungi cat dari kerusakan fisik dengan lapisan film yang tebal dan transparan.

Fungsi lain adalah merawat warna mobil secara permanen. Sementara itu, coating hanyalah untuk perawatan warna sementara saja.

Paint Protection Film (PPF) V-KoolPaint Protection Film (PPF) V-Kool Paint Protection Film (PPF) V-Kool

Lianto menjelaskan, dengan penggunaan zat kimia yang dioleskan ke bodi pada proses coating dan poles memungkinkan lapisan cat orisinal bisa terkikis, dan kemungkinan permukaan cat untuk baret dan rusak masih akan tetap terjadi karena coating yang sangat tipis dan dalam bentuk cairan tidak bisa melindungi kendaraan terhadap kerusakan fisik.

Sedangkan untuk laminating PPF sendiri, sifatnya benar-benar membungkus seluruh bagian bodi mobil dengan lapisan film.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X